Sapere aude!

Bulan pernah terbelah, benarkah?

Posted in Mythbuster by Rinaldi on February 2, 2009

Foto NASA bergambar "lunar rille" yang disalahgunakan untuk dakwah Islam.Author: Rinaldi

KAJIAN sederhana ini bermula ketika saya membaca sebuah blog yang memaparkan cerita mujijat “bulan terbelah” 

(setelah saya cek kembali, blog di atas rupanya sudah dihapus oleh pemiliknya, mungkin karena “malu” ketahuan bohongnya)

Ada lagi yang masih aktif di link ini. Juga di link ini

Tiga blog tersebut memaparkan kisah mujijat Nabi SAW membelah bulan berdasarkan cerita sebuah Hadith dan tafsir surah Al-Qamar. Sampai di sini tidak ada yang saya persoalkan, karena toh “cerita mujijat” adalah hal yang lumrah di setiap agama. Namun yang jadi masalah, adalah ditampilkannya foto “guratan bulan” (atau secara ilmiah disebut “lunar rille”) pada cerita itu yang dimaksudkan sebagai BUKTI VISUAL bahwa bulan memang pernah terbelah. Selain itu, ditampilkan juga kesaksian Daud Musa Pitkhok, seorang pemimpin Hizb Islami di London yang -menurut cerita- masuk Islam karena mengetahui mujijat tersebut. Daud Musa Pitkhok dikisahkan masuk Islam begitu secara tidak sengaja menyaksikan wawancara BBC dengan “tiga pakar ruang angkasa AS” yang hasil penelitiannya mengatakan bahwa bulan pernah terbelah di zaman dahulu kala dan kemudian menyatu kembali. Nama yang muncul berikutnya adalah Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar, yang dalam kisahnya adalah seorang pakar geologi Muslim.

Saya mencoba “berprasangka baik” dengan melakukan penelusuran sederhana terhadap kebenaran berita ini. Saya mulai mencari di google dengan kata kunci Daud Musa Pitkhok dan Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar, hasilnya adalah artikel yang sama dari situs web yang berbeda-beda.

Logika sederhana: jika berita tersebut benar adanya, tentunya itu adalah fenomena besar dalam sejarah ilmu pengetahuan. Tentunya pula akan ada banyak kajian baik dalam kerangka sains/ilmiah maupun jurnalistik terhadap persoalan “bulan terbelah” tersebut. Terlebih pernah diliput oleh BBC, institusi pers ternama, pastilah kata kunci tersebut menampilkan sumber-sumber, baik ilmiah maupun jurnalistik, yang kaya akan peristiwa ini. Sebagai bandingan, jika anda memasukkan kata kunci “Madonna” di google, pasti anda akan menemukan aneka situs tentang Madonna yang tentu berbeda-beda, tidak serupa seperti nampak sekedar dicopy-paste.

Kemudian, ada satu blogger lagi, namun yang ini nampaknya hanya milik seorang PENGECUT yang setelah saya beri sanggahan, dia menghapus blognya. Silakan baca di link ini.

Artikel pada blog tersebut kini KOSONG, membuktikan artikel tersebut sudah dihapus!

Pada kenyataannya, dari milyaran web yang ada di dunia, kata kunci Daud Musa Pitkhok hanya menghasilkan artikel yang sama dari web yang berbeda-beda. Hal itu mengindikasikan berita tersebut adalah “hoax” yang dicopy-paste secara berantai dan dipublikasikan melalui webblog dan mailinglist. Hal ini diperkuat dengan bukti dari situs resmi NASA sendiri (diterangkan di bawah) bahwa foto “guratan pada bulan” bukanlah akibat bulan pernah terbelah. Dan NASA sama sekali tidak pernah mengklaim ada hasil penelitian yang mengatakan bahwa bulan pernah terbelah, apalagi bahwa yang disebut “lunar rille” adalah akibat bulan pernah terbelah. Kasus ini sudah pernah diklarifikasi dalam buletin LAPAN. Dan pak T. Djamaludin, peneliti Astronomi LAPAN juga telah mengklarifikasinya di sini

Ini bukan soal gugatan terhadap iman Islam yang meyakini mujijat bahwa Nabi Muhammad pernah membelah bulan (menurut Hadith), atau makna dari Surah Al-Qamar. Namun persoalannya adalah:

Bahwa ada yang menggunakan foto guratan pada bulan dari NASA lepas dari konteks aslinya, sebagai upaya pembenaran dari mujijat tersebut. Dalam situs resminya, NASA tidak pernah mengatakan bahwa bulan pernah terbelah, atau “guratan” tersebut adalah akibat bulan pernah terbelah.

Foto yang ditampilkan dalam hoax itu konteks sebenarnya berasal dari sini:

http://www.hq.nasa.gov/office/pao/History/SP-362/ch4.2.htm

Perlu diperhatikan: link resmi NASA di atas tidak sedikitpun mengatakan bahwa guratan pada bulan adalah akibat bulan pernah terbelah.

Guratan tersebut dinamakan lunar rille, penjelasannya di sini:

http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/ap021029.html

Di situs itu disebut “rille appear all over the Moon.” Jadi rille ada disekujur tubuh bulan, bukan SATU seperti seolah bulan pernah terbelah dua.

Apakah rille itu? Penjelasannya ada di sini:

http://en.wikipedia.org/wiki/Rille

By the way, Apa sih itu HOAX?

“A hoax is a deliberate attempt to dupe, deceive or trick an audience into believing, or accepting, that something is real, when in fact it is not; or that something is true, when in fact it is false. In an instance of a hoax, an object, or event, is not what it appears to be, or what it is claimed to be..”

http://en.wikipedia.org/wiki/Hoax

Demikian klarifikasi ini dibuat, terima kasih atas perhatiannya. []

14 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. joe said, on July 29, 2009 at 5:40 am

    kita harus percaya hadist nabi,bukan percaya pd akal kita yg terbatas, coba dijaman dahulu ada yg bilang bahwa manusia pergi kebulan???

  2. nawwaf said, on February 5, 2010 at 10:15 am

    dari http://www.nawwaf.wordpress.com
    susah klu ngomong kpd orang yg blm mendapat hidayah spt anda.
    banyak mukjizat yg dilihat sekarang ini baik dr al qur’an maupun hadist. omongan anda spt kaum kafir qurais zaman itu pd waktu dibelah bulan tsb. setelah ditunjukkannya mukjizat tsb malah menuduh rasulullah menyihirnya.
    ada satu hadist pada thn kira2 650M. Rasulullah mengatakan bahwa roma bizantium akan runtuh ditangan Muslimin, dimana disaat itu terdapa sebaik-baik pemimpin ternyata thn 1400-an hadist itu terbukti, masih banyak yg belum terungkat, apakah anda menunggu nya supaya anda percaya. jawab di syarief_s2002@yahoo.com

    Jawaban:

    Nawwaf,

    Susah sih kalau ngomong sama orang yang sudah diracun sama dogma. Cerita bulan terbelah dengan bukti gambar “lunar rille” di atas adalah HOAX alias berita ngibul. Tidak pernah ada bukti ilmiah, apalagi diklaim oleh NASA bahwa bulan pernah terbelah. Silakan kroscek pada sumber ilmiah manapun!

  3. arief munandar said, on April 26, 2010 at 3:59 pm

    kalaupun gak ada fakta nya, tapi kalo alquran dah bilang bulan pernah terbelah, saya percaya.

    Jawaban:

    Kalau Quran nyuruh nyemplung sumur, anda mau ya? Hahahaha…

  4. OMPONG said, on May 14, 2010 at 2:46 pm

    MEREKA TERLALU MUDAH DITIPU OLEH BERMACAM KEBOHONGAN

  5. baneng said, on May 23, 2010 at 7:59 pm

    aku cuma mau kasih komentar dari pernyataan “NASA tidak pernah mengatakan bahwa bulan pernah terbelah”….

    timbul sebuah pertanyaan, ada gak orang membuka-buka sesuatu (walaupun itu benar) tapi akan berdampak buruk bagi dirinya dan kelompoknya?

    jawabannya ada, tapi sangat sedikit orang yang mendapatkan petunjuk itu…

    contoh fiksi:
    ada sebuah kisah yang di beritakan di berbagai media…
    “Dalam pertempuran melawan kelompok separatis, TNI berhasil membunuh 3 orang separatis didaerah rawa-rawa dekat kebun apel”

    padahal kenyataannya, 6 TNI tewas, 10 TNI luka-luka dan 3 orang separatis tewas ditempat tidurnya….

    untuk apa berita diatas dibuat?
    jawabannya: agar para TNI laen yang akan bertugas didaerah rawa-rawa dekat kebun apel tidak DROP…

    dan banyak masih cerita2 serupa yang sama seperti cerita fiksi di atas….

    NASA sama HOAX nya dengan acara berita CNN…. kenyataan sebenarnya yang merugikan di tutupi bahkan terkadang dibolak-balik…

    maaf kalau tidak bisa diterima, maklum saia cuma manusia biasa yang penuh dengan kesilapan…

  6. Mahzil said, on May 26, 2010 at 3:54 pm

    Mari kita melihat sesuai dengan keyakinan masing2… jika diperdebatkan gak akan selesai dan akan menimbulkan perpecahan. Karena saya seorang muslim, tidak ada keraguan dalam hal ini, saya yakin bahwa jangankan bulan, matahari pun jika Allah menghendaki pasti dengan mudah akan terbelah…

    Bagi yang non-muslim, silahkan mempercayai kitabnya masing2, toh kitab2 juga berasal dari wahyu Allah, bedanya kitab injil, taurat, zabur, udah direvisi dan diotak-atik oleh manusia, makanya disemurnakan oleh al-quran. adakah yang bisa mengotak atik alquran??? Allah menjaminnya, yang maksudnya “Seandainya para ahli kitab bersatu untuk membuat satu hal yang serupa dengannya (Al-qur’an) niscaya tidak akan pernah mampu”

    Akhirnya, singkat dari semua, “Lakum diinukum waliyadiin” Bagimu agamamu, dan bagiku agamaku… Silahkan meyakini agama masing2…

    Semoga kita diberikan petunjuk, amin…

    Mahzil- Aceh.

  7. johansyah said, on August 27, 2010 at 1:13 am

    @ baneng

    benar sekali itu mas, itu bukan rahasia umum lagi…

  8. Rinaldiwati said, on August 29, 2010 at 1:43 pm

    Aduh, susah deh ngomong sama orang beriman. Udah jelas berita HOAX, tetep aja dipertahankan. Itu pun dengan alasan mengada-ada.

    Ketika ada klaim “bulan pernah terbelah”, apa bukti ilmiahnya? Kalau cuma cerita dari kitab suci mah, semua orang juga bisa.

    Sejauh ini, NASA adalah otoritas kredibel dalam penyelidikan luar angkasa. NASA tidak pernah mengklaim Bulan pernah terbelah. Silakan cek di situs resmi NASA yang saya kasih di atas.

    Jika anda tak percaya NASA, silakan. Tapi buatlah otoritas kredibel sekelas NASA untuk memaparkan BUKTI ILMIAH bahwa Bulan pernah terbelah. Jangan cuma bisa menyanggah, tapi tak memberi substansi dari sanggahan tersebut.

  9. Aurora said, on September 8, 2010 at 6:04 pm

    NASA masih belum bisa membuktikan apakah lunar rile itu merupakan hasil dari pembelahan bulan atau tidak, saya telah melihat fotonya, dan mereka mengatakan bahwa hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.
    “but the origins of arcuate and linear rilles are still a topic of research”-NASA

    dan selain itu dari situs NASA yang anda berikan, saya membaca bahwa NASA hanya mengambil foto2 tersebut dari atas bulan dan menelitinya berdasarkan kontur/garis/titik/tampak permukaan bulan/ dan NASA belum menyatakan penyebab dari lunar rile itu dan oleh sebab itulah NASA menyatakan bahwa “”but the origins of arcuate and linear rilles are still a topic of research”-NASA

    Namun sebagai muslim, saya percaya bahwa ini adalah salah satu Tanda-tanda kebesaran Allah,dan masih banyak lagi tanda2 kebesaran Allah yang lain.

    Oya sdr Rinaldi, jangan berprasangka buruk dahulu, artkel dihapus oleh pemiliknya bukan berarti ada masalah dengan artikelnya, toh di situs yang lain, saya masih melihat ada artikel dengan tema yang sama bertebaran.

    Sepertinya kita perlu meriset lebih lanjut tentang hal ini, Oke sdr Rinaldi

  10. monon said, on October 25, 2010 at 4:11 pm

    Wahai Saudara2, dunia sdh penuh fitnah & rekayasa, tayangan tv bsa dbolak balik. hahahahaha inilah doa ketiga rosuluLloh yg tdk diijabah (h.r.muslim) atw dtangguhkan menurut para ulama hahahahaha maafkan Aku yg blodot ini hahahahaha

  11. monon said, on October 25, 2010 at 4:47 pm

    pemikiran barat, nasa, amerika, apakah kalian tdk tahu mereka sdh berbuat ap saja trhdp umat muslim? hahahahaha dasar pd blodot kyk w yg blodot. hahahahaha

  12. monon said, on October 25, 2010 at 5:17 pm

    Tapi, dalam hadist yang diriwayatkan Imam Muslim, doa ketiga nabi ditolak. Nabi ketika itu berdoa agar umatnya tidak ada fitnah dan perbedaan.
    okezone.com

  13. monon said, on October 25, 2010 at 5:20 pm

    Tentu Allah SWT memiliki rahasia kenapa menolak atau menunda doa ketiga dari Rasul saat itu. Mungkin Allah ingin melihat hamba-Nya selalu berlomba-lomba dalam kebaikan meski dari berbagai cara selama dalam jalur Al Quran dan hadist.
    okezone.com

  14. monon said, on October 25, 2010 at 7:01 pm

    cinta-cinta & cinta yg Aku, mereka, kalian atau Kmu yg dbthkan saat ini…
    marilah bercinta bersamaKu… gunakanlah JubahKu… oh btapa hebatNya energi Cinta ini…
    hahahahaha Aku blodot & smakin blodot… hahahahaha


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: