Sapere aude!

Mengintip “pesan Tuhan” dalam Gempa Kemarin

Posted in Uncategorized by Rinaldi on October 17, 2009

 

Gempa bumi - Ilustrasi.

Oleh Rinaldi

IDE bodoh” ini sebenarnya terinspirasi dari kelakuan sekelompok orang yang fanatik agama –sebut saja begitu, yang “berhasil” mencocok-cocokkan peristiwa gempa di Padang dengan sejumlah ayat-ayat Al Quran. Tulisan mereka tersebar di berbagai mailinglist, forum on-line, hingga situs Eramuslim. Silakan cek di link ini.

Kutipan singkatnya:

“Gempa di Padang jam 17.16, gempa susulan 17.58, esoknya gempa di Jambi jam 8.52. Coba lihat Al-Qur’an!”

Penjabarannya:

17.16 (QS. Al Israa’ ayat 16): “Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.”

17.58 (QS. Al Israa’ ayat 58): “Tak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduknya), melainkan Kami membinasakannya sebelum hari kiamat atau Kami azab (penduduknya) dengan azab yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis di dalam kitab (Lauh Mahfuz).”

8.52 (QS. Al Anfaal: 52): (Keadaan mereka) serupa dengan keadaan Fir’aun dan pengikut-pengikutnya serta orang-orang sebelumnya. Mereka mengingkari ayat-ayat Allah, maka Allah menyiksa mereka disebabkan disebabkan dosa-dosanya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Amat Keras siksaan-Nya.”

* * * *

OKE, saya mengagumi kecocokan antara peristiwa gempa dengan ayat Al Quran yang mereka ajukan. Namun timbul pertanyaan di benak saya waktu itu: apakah kecocokan tersebut benar-benar merupakan “pesan Tuhan” yang tersirat, atau hanya merupakan kebetulan saja?

Untuk menjawab pertanyaan itu, saya mencoba menggunakan metoda yang sama untuk mengintip “pesan Tuhan” dalam Al Quran atas peristiwa gempa di Jakarta dan sekitarnya Jum’at kemarin. Jika para fanatik itu mencocokkan antara jam terjadinya gempa dengan ayat-ayat Al Quran, maka saya akan melakukan hal yang sama, ditambah beberapa “angka” yang muncul atas peristiwa gempa kemarin. Analisa sederhana ini sekedar untuk mengetahui apakah ada hasil yang konsisten, yakni korelasi (korelasi istimewa dan spesifik, bukan sekedar dipas-paskan) antara ayat dengan peristiwa gempa kemarin, atau tidak. Berikut uraiannya:

Pada Jum’at sore, 16 Oktober 2009 pukul 16:52 WIB, DKI Jakarta dan sejumlah wilayah lain di Banten dan Jawa Barat diguncang gempa berkekuatan 6.4 skala Richter. Gempa yang berpusat di 42 kilometer barat laut Ujung Kulon ini sempat membuat warga Jakarta panik, seperti diberitakan di berbagai media online. Untuk referensi berita ini, saya ambil dari situs Media Indonesia online.

Dari keterangan di atas, kita sudah mendapatkan “bahan” yang cukup untuk dicocokkan dengan ayat-ayat Al Quran. “Bahan” itu antara lain:

Pukul 16:52 WIB

Angka 6.4 (skala Richter)

16 Oktober 2009, berarti 16-10-2009

Mari kita analisa.

Dimulai dari jam peristiwa terjadi, 16:52, berikut ayat Al Quran yang muncul:

“Dan kepunyaan-Nya-lah segala apa yang ada di langit dan di bumi, dan untuk-Nya-lah ketaatan itu selama-lamanya. Maka mengapa kamu bertakwa kepada selain Allah?” (Qs. An-Nahl [surah 16] ayat 52)

Ini ayat yang bagus! Namun, apa korelasi istimewa ayat tersebut atas gempa kemarin?

Misalnya pada gempa kemarin banyak gereja, pura, wihara, dan klenteng yang hancur lebur, saya baru bisa melihat ada korelasi antara ayat di atas dengan peristiwa gempa, khususnya pada bagian yang mengatakan “maka mengapa kamu bertakwa pada selain Allah”. Tapi ini kan tidak. Malah di daerah Banten barat, banyak sekolah yang ambruk akibat gempa (berita dari Detik.com).

Jika kita melihat ayat sebelumnya, yaitu An-Nahl ayat 51, kita akan tahu bahwa konteks ayat 52 di atas adalah mengenai larangan berbuat musyrik (menyekutukan Tuhan).

Ya, siapapun yang berjiwa ngeyel dapat saja mencocok-cocokan ayat tersebut dengan peristiwa gempa. Misalnya itu adalah teguran dari Tuhan karena banyaknya kemusyrikan di pulau Jawa dan sekitarnya. Tapi itu bukan jawaban yang memuaskan, karena kalau begitu, pada jam berapapun gempa terjadi, kita akan menemukan ayat Al Quran yang bisa dicocokkan. Apa istimewanya?

Beralih ke bahan selanjutnya, (ini “bahan sekunder” saja sebenarnya, karena gempa di Padang tidak menggunakan skala Richternya untuk dicocokan dengan Al Quran) yakni angka 6.4, berikut ayat Al Quran yang muncul:

“Dan tidak ada suatu ayatpun dari ayat-ayat Tuhan sampai kepada mereka, melainkan mereka selalu berpaling dari padanya (mendustakannya)”. (Qs. Al An’aam [surah 6] ayat 4)

Lagi-lagi, saya belum melihat ada korelasi istimewa antara ayat tersebut dengan peristiwa gempa kemarin.

Bahan selanjutnya, tanggal 16 Oktober menghasilkan kombinasi angka 16 dan 10, mari kita cek ayat apa yang keluar:

“Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.” (Qs. An-Nahl [surah 16] ayat 10)

Mohon jangan tertawa, ini bukan lelucon. Ayat tersebut memang tidak ada korelasinya dengan gempa kemarin, meski “diambil” dari tanggal peristiwa yakni 16 Oktober (16:10).

Dari analisa sederhana di atas, saya menyimpulkan bahwa ternyata Tuhan tidak sedang berpesan kepada manusia dalam peristiwa gempa kemarin. Ini terlihat dari ketiadaan korelasi istimewa antara ayat-ayat Al Quran (yang diambil dari jam, skala richter, dan tanggal peristiwa terjadi) dengan peristiwa gempa. Kesimpulan ini didasari dari metoda yang sama yang digunakan kelompok fanatik agama untuk gempa di Padang.

Pada akhirnya, gempa yang berpusat di 42 km barat laut Ujung Kulon kemarin rupanya hanyalah peristiwa alam biasa, sekedar pergeseran lempeng eurasia dan indo-australia. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: