Sapere aude!

Tentang Israel, Palestina, dan Berbagai Kesalahpahaman

Posted in Middle east by Rinaldi on July 13, 2011

Yitzak Rabin bersalaman dengan Yasser Arafat setelah menandatangani Oslo Accord pada 1993. Atas penandatanganan itu, Yitzak Rabin kemudian dibunuh pada 1995 oleh seorang Yahudi fanatik,Yigal Amir, yang tidak suka perdamaian dengan Palestina. Kisah yang nyaris sama dialami oleh Anwar Sadat belasan tahun sebelumnya. Anwar Sadat dibunuh dalam sebuah parade militer oleh kelompok Islam fanatik karena ingin berdamai dengan Israel. (Foto: AP)

 Author: Rinaldi

JIKA anda berpikir bahwa dulu ada sebuah negeri yang damai bernama “palestina”, dan kemudian datanglah orang-orang Yahudi dari Eropa yang ujug-ujug merebut tanah serta mengusir penduduknya, yang kemudian orang Yahudi pendatang tersebut mendirikan negara Israel di sana, maka jelas anda termasuk orang yang memiliki pemahaman keliru atas kasus ini.

Juga sering saya jumpai pendapat, terutama di blog publik, yang sepertinya tidak bisa membedakan antara “pendirian negara Israel” dengan “pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza.” Mereka berpikir, bahwa (yang sesungguhnya adalah) kasus “pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza” adalah “pendirian negara Israel” itu sendiri.

Dan saya kira banyak sekali di masyarakat kebanyakan yang masih berpemahaman demikian. Apalagi kemudian pemahaman yang sebenarnya keliru itu dijustifikasi dengan fakta (yang adalah benar fakta, namun karena ketidakpahaman sering diabaikan konteks peristiwanya) bahwa ada ratusan jewish settlement dibangun di Tepi Barat yang seringkali dibumbui oleh “perseteruan” dengan warga Tepi Barat itu sendiri. Tak jarang perseteruan itu memakan korban jiwa dari pihak warga sipil. Wah, lengkap sudah kesalahpahamannya. Prasangka awam bahwa orang Yahudi datang ke Palestina, mengusir penduduknya, dan mendirikan “negara Israel” di sana, seolah terbenarkan.

Oleh sebab itu, pendapat pun jadi bias. Niat hati menentang pendudukan Israel di Tepi Barat dan mendukung kemerdekaan “Palestina”, namun opininya seringkali melenceng dengan mempersoalkan pendirian negara Israel.

Wilayah Kerajaan Israel pada era Raja Saul, Daud, dan Sulaiman pada sekitar 1000 – 924 SM. Bisa dilihat, “Palestina” pada waktu itu hanyalah sebuah daerah kecil di pesisir Mediteranian. Itu pun tidak termasuk wilayah Kerajaan Israel. (Sumber: American Bible Society)

Banyak orang awam tahunya cuma “palestina” saja, tanpa tahu apa konteks dan pengertian “palestina” yang mereka sebut. Sesungguhnya “Palestina” memiliki pengertian yang berbeda-beda sepanjang sejarah. Kalau kita membicarakan Palestina dalam konteks Era Usmani, Mandat Inggris, UN Partition Plan, atau Oslo Accord, sesungguhnya kita bicara “palestina” yang berbeda-beda. Apalagi kalau kita tarik mundur ke belakang sebelum era Usmani, maka terma “Palestina” memiliki pengertian dan wilayah yang berbeda dari yang kita pahami sekarang.

Nama “Palestina” sendiri asalnya adalah nama sebuah daerah kecil di pesisir Mediteranian. Alkitab menyebutnya Filistin, wilayah Gaza dan sekitarnya sekarang.  Dalam bahasa Ibrani, disebut פּלשׁתּי, pelishtîydibaca pel-ish-tee’ yang jabarannya a Pelishtite or inhabitant of Pelesheth: – Philistine (Strong Hebrew Dictionary).

Nama, wilayah, dan penduduk pribumi Palestina pada asalnya itu, hampir tidak ada hubungannya sama sekali dengan Palestina di jaman sekarang.  Bani Israel kuno pernah berseteru dengan orang-orang Palestina kuno. Kisah yang tercatat adalah pertarungan antara Daud dan seorang Filistin bernama Goliath.

Yang jelas, daerah Palestina pada asalnya bukanlah seluruh wilayah yang sekarang disebut Israel, juga bukan wilayah yang sekarang disebut Tepi Barat. Pada masa itu, daerah yang sekarang disebut Tepi Barat bernama Kana’an. Nabi Yakub (Israel) dan duabelas anak-anaknya pernah tinggal di Kana’an, sebelum akhirnya mereka hijrah ke Mesir menyusul salah satu anaknya yang hilang, Yusuf.

Mengapa daerah yang sekarang disebut Tepi Barat dan sekitarnya menjadi disebut “Palestina?” Panjang ceritanya. Tapi, awal mula perubahan nama adalah pada saat invasi Jenderal Titus ke Yudea ––nama Yudea mulai muncul pasca pecahnya kerajaan Israel di sekitar 924 SM– pada sekitar tahun 70 M.

Titus adalah seorang anti-semit dan ingin menghancurkan tidak hanya orang Yahudi, tapi juga apa-apa yang berbau Yahudi. Termasuk menghancurkan Bait Suci (Kuil Sulaiman) yang adalah bangunan tersuci dalam agama Yahudi, juga bahkan merubah nama daerah dari Yudaea menjadi “Palaestina”. Inilah awal mula melebarnya nama “palestina” dari sekedar nama daerah kecil di pesisir Mediteranian, menjadi nama sebuah daerah yang jauh lebih besar dari itu.  Nama kota Yerusalem pun sempat dirubah menjadi Aelia Capitolina, namun tidak bertahan lama dan berubah kembali menjadi Yerusalem.

Dari serangan habis-habisan Jenderal Titus ini, banyak orang Yahudi ketakutan dan lantas berdiaspora ke luar Yudea. Dalam sejarahnya, Bait Suci di Yerusalem telah dua kali dibangun dan dua kali dihancurkan.

Tetapi perubahan nama daerah dari Yudea ke Palaestina, bertahan sampai sekarang dan dinikmati banyak orang Muslim fanatik untuk memojokkan Israel.

Palestina dalam era Mandat Inggris (1920-1948) wilayahnya mencakup Yordania. Pada 25 Mei 1946, Trans Jordan menjadi negara sendiri, Yordania. Pada 14 Mei 1948, lahir Israel berdasarkan UN Partition Plan 1947. (Sumber: Wikipedia)

JIKA kita bicara “Palestina” dalam konteks peristiwa di sekitar 1940-an, maka kita membicarakan Palestina Mandat Inggris yang memiliki maksud dan pengertian juga wilayah yang berbeda dengan jika kita bicara soal “Palestina” di jaman sekarang. Begitu pun pada masa Usmani, atau pada masa-masa lain sebelumnya.

Dalam konteks saat ini, yang dimaksud “Palestina” adalah Palestinian National Authority yang wilayahnya mencakup kurang lebih Jalur Gaza dan Tepi Barat; dua wilayah yang diduduki Israel pasca perang dengan koalisi Arab tahun 1967. Konsep PNA muncul sebagai hasil dari Oslo Accord pada tahun 1993.

Israel sendiri tidaklah merebut Tepi Barat dan Gaza dari “orang-orang Palestina”, melainkan direbut dari  Yordania dan Mesir dalam sebuah peperangan besar. Karena wilayah tersebut sesungguhnya adalah wilayah Yordania dan Mesir (dari 1948 – 1967).

Jadi kalau kita mau membicarakan “kemerdekaan Palestina”, maka kita membicarakan Palestina dalam konteks Palestinian National Authorithy hasil dari Oslo Accord. Bukan “Palestina” dalam pengertian Mandat Inggris atau era Usmani. Juga bukan Palestina dalam pengertian awal-awal tarikh Masehi.  Dan kita juga tidak perlu menyinggung soal “sah-tidaknya negara Israel”, karena tidak nyambung.

Juga kalau kita mau membicarakan soal sah atau tidaknya pendirian negara Israel, tidak perlu menyinggung soal pendudukan di Tepi Barat dan Gaza, tidak perlu menyinggung pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat, dan sebagainya. Karena itu adalah dua tema yang berbeda.

Soal Pendirian Negara Israel

SINGKAT saja, konflik Israel-Arab (bukan Israel-Palestina) bermula ketika rezim Turki Usmani runtuh. Wilayah-wilayah bekas Usmani hendak berdiri menjadi negara sendiri-sendiri. PBB kemudian memberi mandat kepada Inggris dan Perancis untuk menduduki dan mengatur wilayah bekas Usmani.

Di wilayah yang merupakan mandat Perancis, lahir Lebanon dan Suriah. Tidak ada masalah berarti.

Di wilayah yang merupakan mandat Inggris, lahir Yordania dan Israel. Dan di sinilah awal terjadinya konflik Arab-Israel.

Wilayah mandat Inggris, dari sungai Yordan ke timur, jadi negara Yordania. Sedangkan sungai Yordan ke barat, dibagi lagi: untuk Arab dan untuk Yahudi. Kenapa begitu? Karena di situ ada penduduk Arab dan ada penduduk Yahudi.

Sebagaimana orang Arab ingin membentuk sebuah negara Arab selepas era Usmani, seperti Lebanon, Yordania, Suriah, Mesir, dan sebagainya, demikian pula orang Yahudi ingin membentuk sebuah negara Yahudi. Kenapa tidak? Toh negara yang menaungi mereka sebelumnya sudah bubar.

Gambar Partisi PBB yang diajukan pada November 1947. Partisi ini membagi Palestina menjadi dua bagian, untuk etnik Arab dan Yahudi. Anda bisa lihat wilayah jatah Israel dalam partisi tersebut amatlah kecil dibanding wilayah Israel sekarang. Sebagian besar adalah Gurun Negev di sebelah selatan. Sedangkan pihak Arab mendapatkan wilayah yang subur. Yahudi menerima proposal pembagian ini, sedangkan pihak Arab menolak.

Akhirnya, tersebutlah proposal yang dinamakan UN Partition Plan pada November 1947, yang membagi Palestina (dalam pengertian waktu itu, bukan dalam pengertian “PNA”-nya Oslo Accord) menjadi dua: untuk Arab dan Yahudi.

Palestina Arab, adalah daerah yang mayoritasnya Arab (804 ribu Arab berbanding 10 ribu Yahudi). Palestina Yahudi, adalah daerah yang mayoritasnya Yahudi (538 ribu Yahudi berbanding 397 ribu Arab). Cukup adil. (Sumber data: jewishvirtuallibrary.com)

Negara Israel tidak dibangun semata-mata akibat peristiwa holocaust sebagaimana dituduhkan beberapa pihak. Juga tidak dibangun oleh “para pendatang” yang terlebih dahulu mengusiri penduduk aslinya.

Pada dasarnya, negara Israel –sebagaimana negara-negara tetangganya– dibangun di bekas wilayah Turki Usmani dan di ataswilayah/spot yang mayoritas adalah Yahudi.

Di seluruh Palestina, Yahudi bisa dikatakan minoritas dan terkonsentrasi pada wilayah tertentu saja. Nah, pada wilayah di mana Yahudi terkonsentrasi itulah, negara Israel berdiri (lih. Peta UN Partition Plan 1947).

Dalam partisi yang diajukan oleh PBB, bisa kita pahami bahwa sebagian besar wilayah yang diperuntukkan bagi Yahudi adalah gurun gersang, yaitu gurun Negev. Sedangkan Arab lebih beruntung dapat wilayah yang relatif subur.

Oke, itulah sekilas tentang partisi. Dan hasilnya: Pihak Yahudi menerima partisi tersebut, dan mendeklarasikan Israel pada 14 Mei 1948 dengan damai dan tidak ada “perebutan wilayah” sebagaimana disalahpahami banyak pihak.

Tapi pihak Arab menolak partisi tersebut, dan ramai-ramai berkoalisi menyerang Israel dengan tujuan merebut wilayah Israel. Akibatnya? Terjadi perang dahsyat antara koalisi negara-negara Arab dengan negara Israel yang baru dideklarasikan. Dan perang tersebut, tentu saja, menimbulkan sejumlah besar pengungsi.

Ratusan ribu orang Arab-Palestina yang berada di wilayah Israel, terusir keluar selama perang dan menjadi pengungsi. Begitu juga ratusan ribu orang Yahudi di negara-negara Arab terusir keluar dari negaranya. Pengungsi dari kedua belah pihak, sama-sama tidak memiliki hak untuk kembali –no right to return.

Wilayah Tepi Barat dan Gaza, yang diambil Israel dari Mesir dan Yordania pada 1967. Sebagian wilayah ini (yang berwarna hijau tua) kemudian dikenal dengan Daerah Otoritas Nasional Palestina (PNA). Inilah Palestina yang dibicarakan sekarang, bukan Palestina dalam konteks Mandat Inggris atau Usmani atau sebelumnya. Seluruh wilayah ini dulunya adalah wilayah yang dijatahkan untuk Arab dalam partisi PBB 1947. Arab menolak partisi PBB itu, namun sekarang merengek-rengek minta kemerdekaan dengan bendera “Palestina”. (Sumber: Wikipedia)

Adapun soal “pengungsi” yang diakibatkan oleh perang 1948, menjadi masalah tersendiri. Lengkapnya telah saya bahas dalam ulasan “Nakba: Soal Pengungsi dan Tanggungjawab Dunia Arab”.

Perang dahsyat itu disebut perang Arab-Israel yang pertama, the first Arab-Israeli war, dan dimenangkan oleh Israel. Walhasil, wilayah Israel meluas dari yang dijatahkan dalam partisi PBB. Salahkah Israel atas perluasan wilayahnya? Ya tidak. Itu perang, dan perang itu digara-garai oleh pihak Arab.

Sebaliknya, wilayah negara Arab seperti Yordania juga meluas. Yordania mencaplok Tepi Barat dan Yerusalem timur yang sebelumnya bukan wilayah Yordania.

Perluasan wilayah Israel akibat perang 1948, juga banyaknya pengungsi Arab-Palestina yang terusir dari wilayah Israel selama perang, sering diulang-ulang oleh “para pembela buta palestina” sebagai alat propaganda untuk menyudutkan Israel. Padahal, imbas dari perang yang sama, ratusan ribu orang Yahudi yang tinggal di negara-negara Arab sekitarnya, juga mengalami tekanan dan terusir keluar.

Kemudian, masih imbas perang tersebut, wilayah Yordania juga meluas dengan menduduki Tepi Barat dan Yerusalem timur. Wilayah Mesir juga meluas dengan mencaplok Gaza. Tapi semua kutukan hanya tertuju pada Israel, tidak kepada negara-negara Arab lainnya. []

71 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. iney said, on June 19, 2012 at 3:19 pm

    dulu Inggris adalah negara dengan jajahan yg sangat luas………apakah sekarang ini mereka masih mempunya tanah jajahan yg sangat luas seperti dulu itu????..jadi kalo anda mengklaim setelah israel menang perang trus bisa menduduki selamanya tanah jajahan tsb….dari sini udah jelas anda hanyalah seorang tukang ngarang yg tidak berbobot…..alias koplak……..kalo anda pingin jelas cerita yg BENAR tentang sejarah pendudukan Israel dan pembantaian yg telah mereka lakukan..bacalah buku yg berjudul : The Etnic Cleansing of Palestine…..karya DR. Ilan Pappe……beliau ini adalah seorang sejarawan terkemuka dari Israel sendiri lho……….jadi ini adalah buku yg sangat fair..karena buku ini dikarang oleh orang israel sendiri yg masih punya hati nurani dan bermoral…..kalo anda belum baca buku ini…jgn bikin koment dulu ya bung……….

  2. Rinaldi said, on June 23, 2012 at 7:29 pm

    kalo anda pingin jelas cerita yg BENAR tentang sejarah pendudukan Israel dan pembantaian yg telah mereka lakukan..bacalah buku yg berjudul : The Etnic Cleansing of Palestine…..karya DR. Ilan Pappe……beliau ini adalah seorang sejarawan terkemuka dari Israel sendiri lho……….jadi ini adalah buku yg sangat fair..karena buku ini dikarang oleh orang israel sendiri yg masih punya hati nurani dan bermoral

    Anda sudah membaca Ilan Pappe tersebut? Kalau sudah, coba paparkan uraian beliau dari bukunya itu di sini. Jadi kelihatan anda itu paham betul persoalan, bukan sekedar mencatut nama “ilan pappe” terus sembunyi tangan. Kalo mau main catut nama, saya juga bisa sebut nama pakar yang menunjukkan kebobrokan jihad dan perjuangan nasionalisme Palestina.

    Sekedar info ya:

    “Sebaik-baiknya Ilan Pappe, dia itu sejarawan yang ceroboh. Seburuk-buruknya, dia sejarawan yang tidak jujur”. ~ Benny Morris, Profesor sejarah studi timur tengah di Universitas Ben Gurion

    Benny Morris mengkritik buku karangan Ilan Pappe yang berjudul “The Ethnic Cleansing of Palestine” yang menyinggung soal “gas beracun” yang “kemungkinan” digunakan Israel dalam perang 1948 untuk membunuh orang Arab. Padahal gas itu tidak pernah ada. Tidak ada gas beracun apapun yang digunakan baik oleh Israel maupun Arab pada perang 1948. Dan sumber Pappe terhadap issue gas itu cuma beberapa bagian dari buku harian Ben Gurion yang sangat samar dan merupakan hal yang ceroboh kalau sampe disimpulkan bahwa “Israel menggunakan gas beracun untuk membunuh orang Arab”.

    Ben Gurion menulis dalam buku hariannya bahwa Aharon Katzir, ilmuwan Israel, melaporkan pada dirinya tentang eksperimen “gas” yang tengah dipercobakan pada binatang. Dan binatang itu tidak mati, cuma “dibutakan” selama 24 jam. Jadi cuma modal laporan itu saja.

    Issue “gas” yang (sengaja) dibesar-besarkan Pappe merupakan irrelevansi sejarah dan memicu opini publik yang sesat, bahwa “orang Yahudi yang dibunuh di kamar gas oleh Nazi beberapa tahun lalu, kini hendak meng-gas orang-orang Arab”. Demikian sekilas kritikan Benny Morris terhadap Ilan Pappe.

    Dari kritik Benny Morris di atas, saya tidak bermaksud mengatakan bahwa dengan demikian karya Ilan Pappe itu worthless. Tapi sekedar “pengingat” bahwa anda tidak bisa begitu saja menganggap buku Ilan Pappe sebagai sebuah karya yang ultimate, sempurna dan tanpa cacat hanya karena buku tersebut “mengurai sesuatu yang pada dasarnya memang ingin anda dengar”.

    Apa sih pengertian anda terhadap kata “penulis yang fair?” Apa karena penulis tersebut adalah orang Israel yang kritis terhadap Israel, maka anda sebut “fair?” Kalau begitu saya juga bisa sebut nama Walid Shoebat, orang Arab mantan ekstrimis PLO yang murtad dari Islam, mendukung Israel, kritis terhadap Palestina dan penulis buku “Why I Left Jihad” sebagai buku yang “fair” dalam hal ini.

    “Fair” di sini bisa relatif. Anda anggap Ilan Pappe “fair” karena dia menulis buku tentang apa yang pada dasarnya memang ingin anda dengar. Begitu kan?

  3. iney said, on June 25, 2012 at 9:05 am

    setelah membaca beberapa artikel anda….ternyata anda membuat artikel ‘hanya” berdasarkan sumber2 dari Israel doang……..makanya artikel yg anda tulis ini masih sangat jauh dan sangat bias dari fakta yg sebenarnya, kasarnya artikel anda ini belum layak disebut sebagai suatu karya tulis yg baik dan bener…………..anda hanya tahu ‘akibat’ tanpa paham apa ‘penyebabnya”…untuk menulis kajian ilmiah tentaang Timur tengah secara lebih komprehensif dan menyeluruh khususnya konflik yg terjadi antara Israel dan palestina…anda harus membaca lebih banyak buku lagi bung………….ini ada beberapa buku yg saya sarankan kepada anda untuk membacanya selain buku karya ilan pappe.tsb….beberapa buku yg musti anda baca lagi:

    1.Bible perjanjian lama tentunya
    2. islam andalusia sejarah kebangkitan dan keruntuhan…..karya ahmad thomson….buku ini sangat penting untuk dibaca..karena buku ini memuat eksodus besar2an orang2 yahudi ke spanyol….dari spanyol inilah nantinya ..orang yahudi banyak yg menjadi kaya raya dan dari sini jugalah mereka menyebar ke seluruh eropah dan sampai akhirnya ke amerika….selama berabad2 yahudi dan Islambersatu untuk menahan gempuran kristen….
    3. para algojo atas nama tuhan…buku ini menceritakan penderitaan yg sangat luar biasa dari yahudi akibat INKUISISI di spanyol..dimana orang Kristen memaksa seluruh penduduk yg beragama Islam maupun yahudi harus menjadi kristen…dan akhirnya walaupun mereka telah menjadi kristen(khatolik0 selama ratusan tahun…mereka tetap saja diusir dari spanyol……nama pengarangnya saya lupa….
    4. perang salib karya karen amstrong
    5.Yerusalem kota tiga agama karya karen amstrong
    6. Palestina milik siapa? Fakta yang tidak diungkapkan kepada orang Kristen tentang tanah perjanjian karya prof. Gary M.Burge…….buku ini adalah kajian ilmiah tentang siapa sih pemilik sebenarnya dari palestina berdasarka tafsiran ayat2 dari bible…Gary M. burge adalah seorang pendeta dan juga guru besar perjanjian baru dari Wheaton College & Graduate Scholl.

    selain itu untuk melengkapi referensi anda..mungkin anda juga harus membaca beberapa buku lainnya, seperti:

    1. The international jew karya hendry Ford seorang Konglomerat dari Amerika yg tentunya anda pasti kenal……..buku ini termasuk buku yg menggemparkan amerika ketika buku ini diterbitkan..buku ini di cap sebagai buku anti semit…tetapi sebelum anda mengambil keputusan dalam menilai suatu karya….nasehat saya…bacalah buku ini terlebih dahulu….karena anda akan menemukan fakta yg sangat menarik tentang apa itu Protokol elders of Zion dan kondisi yg terjadi di dunia saat itu dan sekarang………

    2. Zionis menguasai Amerika dan dunia….pengarangnya juga seorang guru besar (cuma saya lupa nama pengarang dan uniuversitasnya)…..

    .
    sebenarnya masih banyak buku yg lain..tetapi cukup itu dulu…setelah anda membaca buku2 tersebut…menurut saya……barulah anda boleh disebut cukup layak untuk menulis artikel yg dipublishkan………

    itulah saran saya buat anda ya bung rinaldi..saya hanya ingin anda menulis segala sesuatu hendaknya dengan dibekali oleh referensi2 yg cukup kuat agar artikel2 yg anda tulis bisa lebih berbobot dan isinya bisa dipertanggun jawabkan……………

    salam

    NB…sebenarnya saya tidak pernah menulis satupun artikel dan sayapun tidak pernah berdiskusi tentang segala hal dengan tertulis seperti yg saya lakukan dengan anda ini…oleh sebab itu…bila anda melihat atau membaca tulisan saya ini yg kelihatannya agak janggal dan tidak teratur tata bahasanya..ataupun apalah namanya…saya harap anda maklum bro……….

    mengenai si walid shoebat alais mus’hab hasan yousef..saya blom membahasnya..karena bukunya belum saya baca…cuma dengan sejujurnya saya katakan kepada anda…..saya sungguh jijik melihat seorang anak manusia mengkhianati bangsanya sendiri……..sebenarnya kalo dia meragukan agamanya…..dia tidak seharusnya tidak mata-mata untu mengkhianati bangsanya sendiri…karena sepanjang sepengetahuan saya…dengan menjadi mata2 untuk mengkhianati bangsanya..itulah manusia yg sehina2nya manusia…derajatnya lebih rendah daripada binatang

    pertanyaan anda tentang pernyataan benny Morris mengenai ilan pappe telah saya jawab dalam wallnya unggun dahana……..

  4. iney said, on June 25, 2012 at 2:23 pm

    Ralat……sorry untuk walid shoebat…saya pikir itu dia pengarang buku dari son of hamas…dulu ada temen yg menyebut walid shoebat sebagai pengarang son of hamas…karena bukunya blom pernah saya baca……makanya saya beranggapan kalo walid shoebat itu adalah nama lain dari mus’hab hassan yousef……

  5. Rinaldi said, on June 25, 2012 at 11:17 pm

    Anda ini contoh pembaca yang “kebakaran jenggot” membaca tulisan-tulisan saya. Anda tidak sedikitpun menunjukkan di mana kesalahan atau apa kontra opini anda terhadap substansi tulisan-tulisan saya. Anda hanya mengatakan “tulisan saya kurang lengkap” karena “cuma” mengambil dari sumber-sumber Israel, dan kemudian menyarankan saya agar membaca buku-buku yang “mewakili keinginan anda”. Itu jelas bukan kritik yang sehat, karena cuma menghakimi tapi tidak memberi uraian di mana detil yang dikritik itu. Anda lihat bagaimana Benny Morris mengkritik Ilan Pappe. Dia tidak sekedar mengatakan Ilan Pappe sejarawan yang “ceroboh” dan “tidak jujur”, tapi juga mengurai detilnya di mana letak kecerobohan dan ketidakjujuran Ilan Pappe. Itu contoh kritik yang intelek, bukan asal bunyi.

    Pada dasarnya saya tidak berkeberatan “disuruh” membaca buku apapun yang bahkan bertentangan dengan dasar opini saya. Koleksi bacaan saya juga cukup banyak, dan tidak perlu kan disebutkan satu persatu.

    Yang jadi masalah di sini bukan “bacaannya”, tapi bagaimana anda menyikapi artikel seperti ini. Lucu sekali cara anda yang tiba-tiba mempromosikan berbagai judul buku yang “membela pandangan anda”, tapi tidak sedikitpun anda urai opini anda terkait issue Israel-Palestina di sini. Terkesan, anda sekedar “jualan nama” dari penulis-penulis besar yang karyanya mewakili pandangan anda. Kalau mau, saya juga bisa pamer puluhan penulis yang mewakili pandangan saya beserta judul-judul bukunya dan menyuruh anda membacanya, sekedar untuk menyerang balik komentar anda di atas itu. Memangnya yang punya koleksi buku cuma anda saja? Tapi saya tidak bisa begitu, karena itu bukan cara diskusi yang benar dan terdidik.

    Lucunya lagi, anda menyarankan saya membaca segudang buku yang anda sarankan, tapi anda sendiri tidak tahu siapa Walid Shoebat itu, dan mengira itu adalah Mossab Hasan Yusuf. Belum pula anda baca bukunya. Ini menunjukkan bahwa anda sendiri timpang, dan hanya mau membaca (itu pun kalau benar dibaca) sumber-sumber yang “memang ingin anda dengar” saja.

    Anda mengaku belum pernah tulis satupun artikel. Ini lagi-lagi point minus buat anda. Benarkah anda sudah baca tuntas segudang judul buku yang anda “obral” di atas itu? Banyak baca tanpa pernah menulis, itu seperti pakai baju tapi tidak pakai celana.

    Anda mau mengkritik artikel saya di atas, silakan. Buatlah artikel tandingan di blog anda, atau sekurangnya di kolom komentar ini. Itu namanya adu pemikiran secara sehat. Bukan sekedar menghakimi tulisan saya, lantas obral judul buku dan menyuruh saya membaca buku tersebut, tapi anda sendiri sebagai “pengkritik” tidak satupun merinci di mana kekeliruan/kekurangan artikel yang dia baca itu. Jelas, sikap semacam itu terbaca sebagai sikap “kebakaran jenggot”. Sekedar sikap “jealous” semata.

    Kelucuan lagi, anda merasa “jijik” melihat sosok Mosab Hasan Yusuf yang anda tuduh “menghianati bangsanya”. Eh, tapi anda senang sekali dengan sosok Ilan Pappe yang sebenarnya (kalau dipandang dari sudut pandang fanatik) juga “menghianati bangsanya”. Di sini saja kelihatan anda melakukan “double standart”. Kalau ada orang Israel mengkritik Israel, anda sumringah dan pamer ke mana-mana. Tapi ketika ada orang Palestina/Hamas, mengkritik Hamas dan bangsanya sendiri, anda jijik dan menganggapnya penghianat. Ini jelas pandangan yang subjektif, amatiran, dan tidak bernilai sama sekali.

  6. iney said, on June 26, 2012 at 9:01 am

    Anda ini contoh pembaca yang “kebakaran jenggot” membaca tulisan-tulisan saya. Anda tidak sedikitpun menunjukkan di mana kesalahan atau apa kontra opini anda terhadap substansi tulisan-tulisan saya. Anda hanya mengatakan “tulisan saya kurang lengkap” karena “cuma” mengambil dari sumber-sumber Israel, dan kemudian menyarankan saya agar membaca buku-buku yang “mewakili keinginan anda”. Itu jelas bukan kritik yang sehat, karena cuma menghakimi tapi tidak memberi uraian di mana detil yang dikritik itu. Anda lihat bagaimana Benny Morris mengkritik Ilan Pappe. Dia tidak sekedar mengatakan Ilan Pappe sejarawan yang “ceroboh” dan “tidak jujur”, tapi juga mengurai detilnya di mana letak kecerobohan dan ketidakjujuran Ilan Pappe. Itu contoh kritik yang intelek, bukan asal bunyi.===================================================================
    kalau anda cermat mengikuti diskusi saya dengan unggun dahana…maka anda tidak akan mengeluarkan pernyataan seperti ini…..karena tulisan saya disitu telah menanngapi pertanyaan dari anda tsb…nih saya kutipkan lagi diskusi saya dgn unggun dahana yg anda juga terlibat didalamnya

    ; William Janson om unggun anda hanya tahu 1 tapi yang tidak tahunya lebih dari 1.000…..memang betul masih ada orang yahudi di palestina pada waktu itu…tapi INGAT ya..jumlahnya hanya segelintir………sekali lagi hanya SEGELINTIR ….baru pada tahun 1882 , 25.000 ribu orang yahudi dari Eropah timur mulai menetap disana………….pada tahun 1904-1914….40.000 orang lagi datang ke palestina….dan sekali lagi INGAT ya…jumlahnya baru 6%….baca pelan2 ya “HANYA ENAM PERSEN” dari total penduduk palestina saat itu…….tahun 1919-1923…. 35.000 orang imigran yahudi kembali ke palestina…meningkatkan jumlah mereka menjadi 12%………dan INGAT ya..mereka hanya memilik tanah sebanyak hanya 3%….(TIGA PERSEN DOANG LHO)………selebihnya mereka hanya menyewa tanah dari penduduk asli……..1924-1928 datang lagi sebanyak 67.000 dari Polandia, menambah populasi mereka menjadi 16%..dan mereka sudah punya tanah sebanyak 4% (EMPAT PERSEN)…..ingat sekali lagi ya hanya EMPAT PERSEN tanah yg mereka punya dgn cara MEMBELI dari penduduk asli….sudah pahamkan om…….
    21 Juni pukul 10:56 · Suka…………(KRONOLOGI KEDATANGAN IMIGRAN YAHUDI INI SAYA KUTIP DARI BUKUNYA ILAN PAPPE, SEKALIAN MENJAWAB PERTANYAAN YG ANDA MINTA MENGENAI APA YG DITULIS OLEH ILAN PAPPE)……MAKANYA SAYA KRITISI TULISAN ANDA DIATAS MENGENAI KOMPOSISI PENDUDUK YAHUDI DAN PALESTINA PADA TAHUN, KARENA ANDA HANYA MENCANTUMKAN DATA DARI TAHUN 1947-1948………………..yg sangat disayangkan anda tidak tahu sama sekali bahwa kaum Zionis itu meneror, menjarah, merampok,memperkosa, membunuh dan membantai orang palestina sebelumnya…..dan dengan sokongan Inggris dan PBB yg jelas2 sangat tidak netral dan sangat tidak adil membagi wilayah untuk orang palestina dan yahudi tersebut…..jelas saja orang palestina tidak mau menerima perundingan tsb……coba anda rasakan sendiri bung…kalau anda punya sepetak tanah trus datang orang ingin merampas tanah anda…tentu saja anda melawannya mati2an, tapi karena si penjarah tanah anda tsb lebih kuat daripada anda…maka anda terpaaksa melarikan diri dari tanah anda tsb……ketika anda melapor kepada polisi dan dan hakim…….oleh mereka dibuat keputusan bahwa anda harus berbagi dgn penjarah tsb……………maukah anda menerima usulan dari hakim tersebut??????????…….dari artikel yg anda tulis diatas…sangat jelas disimpulkan bahwa anda tidak mengetahui pokok permasalahan dari awalnya……anda hanya tahu perkara ujungnya doang…makanya saya suruh anda membaca beberapa buku supaya anda bisa lebih NETRAL………

  7. iney said, on June 26, 2012 at 9:07 am

    mengenai masalah tuduhan benny moris kepada Ilan pappepun telah saya katakan kepada anda bahwa jawabannya telah saya tulis di wallnya unggun dahana…dan ternyata anda tidak membacanya….baiklah akan saya copas lagi buat anda: …………………………………………………………………………………………………………hem..itulah kata benny Moris tentang Ilan Pappe…coba anda simak apa kata Ilan pappe tentang benny moris…: ……Benny morris menulis buku dimana data2nya hanya diambil dari atau hanya bergantung pada dokumen arsip2 militer israel, morris menutupnya dengan gambaran sangat parsial mengenai Apa yg terjadi di lapangan. Sebenarnya, hal ini cukup bagi sejumlah PEMBACA ISRAEL untuk menyadari bahwa “MELARIKAN DIRI SECARA SUKARELA WARGA PALESTINA” telah menjadi mitos dan gambaran diri Israel yang melakukan perang “moral” pada tahun 19448 melawan “orang-orang primitif” dan musuh-musuh dunia Arab adalah sangat-sangat cacat dan sudah pasti mustahil. Gambarannya menjadi parsial karena morris memahami laporan-laporan militer yang ditemukannya di dalam arsip hanya sebatas permukaan atau bahkan sebagai kebenaran absolut. dengan demikian, dia mengabaikan kekejaman seperti : peracunan persedian air tanah dengan kuman Typhoid, sejumlah kasus2 perkosaan dan belasan pembantaian yg dilakukan yahudi. Dia juga tetap bersikeras bahwa sebelum 15 mei 19448, TIDAK TERJADI PENGUSIRAN PAKSA. Sumber2 palestina menunjukkan dengan jelas bagaimana selama berbulan2 sebelum pasukan araab masuk ke palestina, dan saat Inggris masih bertanggung jawab terhadap hukum dan peraturan di negara itu..sebagaimana disebutkan sebelum 15 mei..pasukan Yahudi sudah terlebih dahulu berhasill MENGUSIR PAKSA 250 ribu orang warga palestina..next…
    ………………………………………………………………………………………………………..Minggu pukul 17:12 · narasi diatas dikutip dari Preface halaman XXI dari buku tersebut (Pembersihan Etnis Palestina)…sebenarnya cukup panjang lebar dan mendetail ilan pappe membahas data2 dari buku yg ditulis oleh benny morris…tapi karena narasinya cukup panjang….capek juga saya menuliskannya…….apalagi baru kali ini saya berdebat secara “cukup serius dengan seseorang”…….hehehehe…..jadi intinya…..siapa menilai siapa…siapa yg lebih ceroboh.. siapa yg lebih buruk ataupun siapa yg tidak jujur….akan mudah untuk mengetahuinya…….next…Suka………………………………………………………………………….

  8. iney said, on June 26, 2012 at 9:18 am

    rinaldi :
    Pada dasarnya saya tidak berkeberatan “disuruh” membaca buku apapun yang bahkan bertentangan dengan dasar opini saya. Koleksi bacaan saya juga cukup banyak, dan tidak perlu kan disebutkan satu persatu.

    Yang jadi masalah di sini bukan “bacaannya”, tapi bagaimana anda menyikapi artikel seperti ini. Lucu sekali cara anda yang tiba-tiba mempromosikan berbagai judul buku yang “membela pandangan anda”, tapi tidak sedikitpun anda urai opini anda terkait issue Israel-Palestina di sini. Terkesan, anda sekedar “jualan nama” dari penulis-penulis besar yang karyanya mewakili pandangan anda. Kalau mau, saya juga bisa pamer puluhan penulis yang mewakili pandangan saya beserta judul-judul bukunya dan menyuruh anda membacanya, sekedar untuk menyerang balik komentar anda di atas itu. Memangnya yang punya koleksi buku cuma anda saja? Tapi saya tidak bisa begitu, karena itu bukan cara diskusi yang benar dan terdidik………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………mengapa saya suruh anda membaca lagi????:
    1.karena setelah saya membaca artikel anda….dapatlah saya simpulkan anda tidak menguasai permasalahannya secara komplit dan menyeluruh…………
    2. anda mempublikasikan artikel yg anda tulis untuk umum…..sedangkan anda tidak menguasai permasalahannya sama sekali…agar anda tidak di cap oleh saya dan orang lain sebagai tukang plintir data dan fakta..maka saya anjurkan anda untuk membaca buku2 tersebut…………dan sebelum anda membaca buku2 yg saya anjurkan tersebut saya ingatkan kepada anda. “jgnlah menjudge atau mengira semua buku2 itu berpihak secara membabi buta kepada orang palestina…….kalau anda berpikiran seperti itu, Anda jelas2 SALAH BESAR bung Rinaldi…………..

  9. iney said, on June 26, 2012 at 9:21 am

    Oh ya saya lupa membahas tuduhan benny moris tentang penggunaan gas beracun..padahal jawaban dari pertanyaan anda tersebut udah saya jawab juga di wallnya unggun dahana…akan saya copas lagi buat anda:……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………@Rinaldi menulis :….Ilan Pappe menyinggung soal “gas beracun” yang “kemungkinan” digunakan Israel dalam perang 1948 untuk membunuh orang Arab. Padahal gas itu tidak pernah ada. Tidak ada gas beracun apapun yang digunakan baik oleh Israel maupun Arab pada perang 1948. Dan sumber Pappe terhadap issue gas itu cuma beberapa bagian dari buku harian Ben Gurion yang sangat samar dan merupakan hal yang ceroboh kalau sampe disimpulkan bahwa “Israel menggunakan gas beracun untuk membunuh orang Arab”………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………tentang hal ini..juga telah ditulis oleh Ilan pappe dalam bukunya di halaman 115…..yg di tulis oleh ilan pappe adalah sama dgn yg anda sebutkan diatas..yaitu diciptakannya gas yg bisa membutakan dan tidak mematikan…..jadi sangat TIDAK BENAR ilan pappe MENULIS dalam bukunya tsb bahwa israel menggunakan gas beracun untuk d membunuh orang arab……….maka oleh karena itu sebab (hehehehehe)….agar lebih fair…saya anjurkan anda membaca buku nya secara langsung….baru anda bisa “menilainya”..apakah buku tsb seperti yg anda bayangkan………oke bung rinaldi nanti kita sambung lagi ya……saya mau off dulu….bye….

  10. iney said, on June 26, 2012 at 9:35 am

    rinaldi

    Anda mengaku belum pernah tulis satupun artikel. Ini lagi-lagi point minus buat anda. Benarkah anda sudah baca tuntas segudang judul buku yang anda “obral” di atas itu? Banyak baca tanpa pernah menulis, itu seperti pakai baju tapi tidak pakai celana…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………saya:………kenapa point minus buat saya???…tidak semua orang punya bakat untuk menulis lho, setiap orang punya bakat tersendiri2…………..jgn samakan setiap orang dgn orang lainnya……itu sama saja anda membanggakan atau menyombongkan diri sendiri…………

    Rinaldi:

    Anda mau mengkritik artikel saya di atas, silakan. Buatlah artikel tandingan di blog anda, atau sekurangnya di kolom komentar ini. Itu namanya adu pemikiran secara sehat. Bukan sekedar menghakimi tulisan saya, lantas obral judul buku dan menyuruh saya membaca buku tersebut, tapi anda sendiri sebagai “pengkritik” tidak satupun merinci di mana kekeliruan/kekurangan artikel yang dia baca itu. Jelas, sikap semacam itu terbaca sebagai sikap “kebakaran jenggot”. Sekedar sikap “jealous” semata……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….saya:
    Pertanyaan anda tentang kekeliruan artikel anda sudah jawab ya bung rinaldi……..sekarang silahkan anda tanggapi juga jawaban saya tersebut…coba anda tuliskan data2 jumlah orang2 Israel dan berapa % kepemilikkan dan bagaimana mereka memperoleh tanahnya sejak kedatangan mereka di tahun 1882 tsb dari sumber2 yg anda peroleh

  11. iney said, on June 26, 2012 at 10:10 am

    rinaldi:

    Kelucuan lagi, anda merasa “jijik” melihat sosok Mosab Hasan Yusuf yang anda tuduh “menghianati bangsanya”. Eh, tapi anda senang sekali dengan sosok Ilan Pappe yang sebenarnya (kalau dipandang dari sudut pandang fanatik) juga “menghianati bangsanya”. Di sini saja kelihatan anda melakukan “double standart”. Kalau ada orang Israel mengkritik Israel, anda sumringah dan pamer ke mana-mana. Tapi ketika ada orang Palestina/Hamas, mengkritik Hamas dan bangsanya sendiri, anda jijik dan menganggapnya penghianat. Ini jelas pandangan yang subjektif, amatiran, dan tidak bernilai sama sekali………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….saya:
    Ilan pappe itu menulis bukunya berdasarkan kapasitasnya sebagai ilmuawan….semua data2nya yg dia ambil juga bukan data2 yg asal2an….karena di bukunya itu juga dia menulis sumber2nya….kebanyakkan sumber2nya juga dari arsip militer israel sendiri….cuma yg membedakan dia dari benny moris yg hanya mengutip secara TOTAL dan MUTLAK dari arsip2 militer Israel doang, Ilan Pappe mendapatkan datanya dari pihak2 palestina dan tentu saja berdasarkan hasil penelusurannya sendiri yg langsung turun ke lapangan….Contohnya…….kalau sumber2 dari palestina memngatakan ada bangunan seperti rumah2 yg dihancurkan oleh Israel…maka dia langsung melakukan penelitian dan menemukan bukti bahwa laporan2 dari pihak palestina itu ternyata memang BENAR, makanya saya katakan kepada anda…..seseorang baru disebut Ilmuawan..bukan saja dari hasil penelitian dalam menulis karya tulis, tetapi yg paling penting adalah KEJUJURAN…ingat itu ya bung rinaldi………………………………

    Mus’hab hassan Yousef…kenapa saya ‘jijik’ melihatnya:

    saya jijik melihatnya BUKAN disebabkan dia berpindah Agama dan menjelekkan Agama yg ditinggalkannya tersebut…dia mengalami masalah atau pengalaman yg buruk tentang agamanya tiu sah2 aja…yg sangat keliru dia menyalahkan agamanya secara total..tanpa dia mau mempelajari kenapa hal itu terjadi………….contohnya seperti ini : kalau ada orang berteriak2 dgn nama Tuhannya mengebom dan membunuh orang dgn tanpa belas kasihan..dia mengira bahwa itu adalah hasil ajaran agamanya……….sekarang saya tanya kepada anda…di Indonesia ini yg masyarakatnya mayoritas islam berapa % sih yg mendukung terorisme…kalau yg mendukung Jihad seperti yg dilakukan oleh teroris2 itu ..percayalah…orang2 seperti anda ini sudah pasti digantung…nyatanya anda aman2 saja menulis tanpa ada yg mempermasalahkannya secara hukum..selain itu orang2 selain beragama islam tidak bakalan bisa eksis di Indonesia ini…nyatanya kan tidak……………….

    Banyak juga orang menjadi pengkhianat dgn menjadi mata2 bagi musuhnya……..tetapi buat saya itu belum membuat saya “jijik” akan seseorang……..tetapi yg paling menyedihkan dan membuat saya jijik…selain dia mengkhianati bangsanya dan yg paling membuat saya sangat terkejut… ternyata dia menjelek2kan perjuangan bangsanya yg selama ini telah sangat tertindas dan sangat menderita selama berpuluh2 tahun lamanya karena kesalahan persepsinya tentang agamanya sebelumnya……..jadi sangat jelas bedanya maupun kapasitasnya antara Ilan pappe dgn Mus’hab hassan Yousef itu……

    senadainya dia berpindah agama saja…saya tidak akan mempermasalahkannya..ataupun dia menjadi pengkhianat bagi bangsanya ..itu juga tidak menjadi masalahnya…karena sepanjang sejarah manusia….yg namanya pengkhianat atau mata2 sudah lumrah……..yg menjadi pangkal permasalahannya yg membuat saya “jijik’ kepada si Mushab hassan Yousef itu jelas bukan dari ke 2 hal tersebut diatas…tapi karena dia menjelekk2an perjuangan bangsanya sendiri yg jelas2 sangat tertindas, menderita dan terjajah……….buat saya orang2 seperti Mus
    hab itu bukanlah manusia…bahkan binatangpun jauh lebih mulia daripadanya…………itukan pendapat saya….saya tidak tahu pendapat anda…barangkali mungkin saja anda setuju atau bangga dengan perbuatan mus’hab tersebut… itu sih hak anda bung………

  12. Anita said, on November 16, 2012 at 9:13 pm

    What A Good goy!. Partai komunis di Palestina yg terdiri dari yahudi2 eropa ketika membuat partai di tahun 1920an memakai nama palestina bukan Israel, jadi malah lebih duluan Palestina tuh. Iney juga menarik dibaca dari Shlomo Sand (yahudi , bukan karya Henry kattan yang Arab Goyim itu) dalam the Invention of jewish people, kalo yahudi sekarang bukan dari keturunan kitab suci Alkitan (hahaha)

  13. LEV said, on November 16, 2012 at 10:05 pm

    Sumber?

  14. Easy day always yesterday said, on November 23, 2012 at 2:17 am

    Ikut membantu menjawab mas Rinaldi terhadap sanggahan Sdr. Ines.
    1. Jika anda berusaha menguraikan tentang proses inkuisisi spanyol anda harus mulai membaca lagi literatur yang benar tentang proses invasi islam di timur tengah dan eropa sebagai contoh http://en.wikipedia.org/wiki/Muslim_conquests (dalam situs itu disertakan juga literatur dan referensi-refensinya).
    2. Dukungan untuk berdirinya negara israel juga berasal dari kalangan islam juga, http://en.wikipedia.org/wiki/Muslim_supporters_of_Israel#In_Indonesia
    3. Negara israel tidak hanya memiliki penduduk yahudi namun berbagai agama ada di Israel.
    4. Perang salib tidak pernah dimulai oleh negara-negara kristen http://en.wikipedia.org/wiki/Crusades, karena tujuan tentara salib saat itu hanya untuk memulihkan akses ke tanah suci, dan perang ini juga berjasa besar buat kaum muslim karena menghalangi kemajuan tentara-tentara arab muslim untuk menguasai eropa, karena dengan dikuasainya eropa oleh tentara arab islam saya yakin anda tidak akan menulis tulisan seperti sekarang melainkan hanya duduk didepan api unggun dan sibuk bercerita tentang tahayul.
    5. Kaum muslim fanatik umumnya menutup mata tentang kejahatan yang dilakukan oleh sesama muslim dengan mengabaikkan berita tentang keburukan-keburukan sesama muslim, seperti genocida armenia yang dilakukan oleh turki, genocida muslim afrika yang dilakukan oleh penguasa arab muslim, dan masih banyak lagi lainnya.
    6. Orang israel baik dia muslim, yahudi, kristen atau druze mempunyai hak untuk hidup dan membela diri seperti halnya anda dan saya.
    7. Quran dan Muhammad nabi anda sendiri mengakui bahwa Yahudi mempunyai hak atas Kanaan seperti yang diberikan Tuhan kepada mereka, dan tidak seorangpun berhak melarang Tuhan memberikan tanah itu kepada Israel.
    8. Jika anda berpikir seharusnya Israel tidak perlu melawan ketika dibom oleh negara-negara tetangganya, maka anda perlu memeriksakan diri ke rumah sakit jiwa terdekat.
    9. Lagipula Israel kan cuman kecil kenapa sih banyak muslim begitu takut dan galau dengan keberadaan Israel.
    10. Jika anda masih tidak percaya coba tinggal di Israel dan coba bedakan dengan negara-negara di sekitarnya, jika anda mengatakan keadaan di Israel jauh lebih baik dari kehidupan di Iran atau Saudi maka anda perlu mencurigai cara kerja otak anda.
    11. Jika anda menganggap israel menjajah coba katakan pada Turki untuk mengembalikan membebaskan Turkish Republic of Northern Cyprus (TRNC) kepada Cyprus dan ngomong sama orang2 arab di sudan untuk tidak sibuk membunuhi muslim2 afrika asli Sudan.
    12. Maaf mas / mbak kalo bicara tanpa fakta yang kuat itu sama dengan Tahayul… Kebenaran hakiki itu adalah kebenaran sejati yang dimiliki tiap manusia tanpa memandang apapun latar belakangnya. Kalo orang jawa bilang “Nek ora pingin dikeplak ojo ngeplak” —- jika tidak ingin dipukul jangan memukul. Kalo konsep kebenaran sesederhana ini saja kita tidak sepaham berarti kita tidak perlu bicara panjang lebar lagi.

  15. joseph said, on November 26, 2012 at 1:22 pm

    i agree Easy day always yesterday.good opinion…..intinya kita perlu mengetahui latar belakangnya jadi kalo gak mengerti mendingan belajar dulu ya…. tq

  16. Easy day always yesterday said, on November 26, 2012 at 3:26 pm

    @Mas Yoseph : benar mas Joseph, saya sering kali kurang cocok dengan saudara-saudara kita muslim yang sering kali dijejali dengan kebohongan-kebohongan dan menerima secara mentah tanpa mencari sumber-sumber yang bisa dipercaya, dan lebih parahnya kadang secara mentah-mentah mengatakan hal yang tidak masuk akal bahwa apa yang dikatakan pada sebuah kitab suci itu mutlak benar. Padahal dalam teori bahasa ada yang disebut unsur tersirat dan tersurat, sisi historis dan fabel. Ini yang kadang kita perlu pahami. Dalam kitab suci injil dan quran juga sering terdapat kisah-kisah mitos yang sebenarnya milik bangsa-bangsa lain. Sebagai contoh adalah banjir nabi nuh, yang sebenarnya merupakan cerita asli sumeria, dan masih banyak lainnya. Inilah yang sering membedakan rasionalisasi dari sebuah ajaran. Jika keadaan seperti itu kan bisa dikatakan bahwa Kitab suci apapun yang dikatakan langsung turun dari Tuhan kan langsung batal otentisitasnya, namun kebenaran dan pesan moral dibalik itu tetap benar. Seringkali dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia konflik yang muncul akhirnya diagamakan agar menjadi support bagi golongan2 tertentu, contoh yang baru-baru ini adalah rohingya, media kita menjual apa yang bisa ditelan oleh pemirsa namun realitas obyektif nanti dulu, contoh peristiwa rohingya itu adalah kasus yang dimulai dengan kasus pemerkosaan seorang wanita budha oleh seorang rohingya, kemudian muncul konflik tersebut, secara logika sederhana orang tidak akan semarah itu bila hanya itu permasalahannya tetapi masalahnya pemerkosaan itu hanyalah sebuah pemicu untuk kejengkelan yang telah lama terpendam, jika orang rohingya tidak merepotkan kenapa bangladesh tidak mau menerima mereka?. Pertanyaan sepele yang mungkin bisa dijadikan dasar berpikir. Begitu juga dengan palestina, palestina yang ada sekarang jauh sekali dengan palestina dalam konteks sesungguhnya yaitu sebuah wilayah yang dulunya dihuni oleh orang arab, circasian muslim, arab bedouin dan yahudi, ketika turki otoman kalah perang pada dunia pertama mengakibatkan kendali atas daerah tersebut tidak ada, dan perlu diketahui bahwa turki ottoman dan arab menguasai daerah tersebut atas dasar invasi, jadi jika bicara masalah hak, itu aneh sebuah daerah yang tandus dan hampir terdiri dari beberapa ras bangsa dianggap sebagai bangsa, sebagai alat pembenaran untuk meniadakan hak orang lain. Circasian muslim dan Arab bedouin bahkan menyatakan bahwa semenjak israel berdiri mereka telah bahu membahu untuk mendirikan Israel yang sekarang kita kenal. Dan palestina yang kita kenal sekarang adalah kelompok pengungsi arab yang kalah dalam beberapa kali perang antara arab israel. Mereka ditolak di mesir, ditolak di yordania, di syria, dan libanon. Bangsa-bangsa tadi menolak PLO dan pengungsi palestina karena alasan yang jelas. Sekali lagi kita perlu membaca runtutan sejarah berdasarkan data-data yang detail dengan cara komparatif yang logis. Anda bisa mencari via google tentang black september dan libanon civil war. Apa peran palestina di kedua konflik itu, dari semua semua bacaan itu saya bisa menarik kesimpulan bahwa PLO dan Palestina adalah media bagi negara-negara arab untuk menghilangkan Israel dari peta dunia, bagaimanapun caranya. Jika kita mau berpikir obyektif kita pasti terkejut dengan apa yang kita dapatkan. Tapi sekali lagi, jika anda fanatik rasionalitas anda akan 100% tertutup oleh kefanatikan… karena fanatik adalah bentuk paling berbahaya dari egoisme… yang selalu mengatakan bahwa tidak ada kebenaran lain kecuali kebenaran saya, walaupun didepan matanya sendiri bukti2 lain terpampang jelas. Salam Sejahtera untuk mereka yang punya hati dan logika… karena itu adalah karunia terbesar Tuhan untuk kemanusiaan.

  17. iney said, on November 27, 2012 at 9:48 pm

    @Easy days always yesterday Karena anda hanya bermodalkan hasil copas dari google ataupun wikipedia..perlu anda baca ini dulu ya………..”Artikel bertopik organisasi ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya” tulisan ini selalu ada di wikipedia…………..tahukah anda apa arti dari tulisan itu…itu artinya..siapapun orangnya bisa saja membikin tulisan sesuai dengan apa yg diinginkannya….jadi maaf….saya tidak percaya 100% atas informasi yg ada di wikipedia………saya hanya percaya kepada sebuah berita/buku apabila sumbernya/penulisnya adalah orang2 yg diakui oleh sebagai orang yg layak dipercaya atau mempunyai kapasitas keilmuannya yg sudah teruji dan diakui oleh khalayak ramai dan tentu saja harus netral dan independent selain tentunya harus seorang yg idealis….sudah beberapa kali saya temukan berita2 maupun buku2 yg ternyata banyak bohongnya………atau memang sengaja dirancang untuk membingungkan publik…..sebagai contoh: saya pernah baca buku sejarah turki yg dikarang oleh orang barat tentang penaklukkan konstantinopel…judul bukunya; 1453 karya Roger Crowley….dalam buku itu dikatakan bahwa sultan mehmed adalah manusia yg suka menyodomi bocah laki2 ..selain itu beliau dikatakan sebagai pemabuk kelas berat…haus darahlah dllnya…….sedangkan dari sumber Islam dikatakan malah sebaliknya….dalam buku sejarah karya orang islam dikatakn bahwa sultan mehmed II adalah seorang serba bisa yg mempunyai banyak keahlian dan mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, sains, matematika & menguasai 6 bahasa saat berumur 21 tahun. Dari sudut pandang Islam, ia dikenal sebagai seorang pemimpin yang hebat, pilih tanding, dan tawadhu’ setelah Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (pahlawan Islam dalam perang Salib) dan Sultan Saifuddin Mahmud Al-Qutuz (pahlawan Islam dalam peperangan di ‘Ain Al-Jalut melawan tentara Mongol). tentu saja mau nggak mau saya percaya kepada sumber islam, kenapa????…karena di buku 1453 karya orang bule itu juga di tulis bahwa sultan mehmed II dari sejak kecil dikatakan mempunyai guru pembimbing yg merupakan seorang Suci (sufi) yg setingkat dengan para wali……dari situ ketahuan bahwa tuduhan2 yg sangat keji itu yg ditulis dalam buku 1453 ini sangat tidak layak dipercaya….perlu anda ketahui..bahwa tidak mungkin seorang sufI membiarkan muridnya mempunyai sifat2 seperti itu…….karena seorang sufi itu adalah manusia pilihan Tuhan yg pasti akan menentang kalau muridnya melakukan perbuatan2 yg tidak sesuai dengan ajaran agama…karena apabila hal itu terjadi..maka sufi atau wali itu tidak akan bisa mencapai ke tingkatan yg lebih tinggi lagi apabila dia tidak melarang atau membiarkan kejahatan besar yg dilakukan oleh muridnya……… kalau dikatakan sultan mehmed suka berperang tentu saya akan bisa lebih percaya…tetapi kalau dikatakan bahwa sultan mehmed adalah tukang sodomi…..maka saya pastikan bahwa itu adalah fitnah yg teramat sangat…….bagaimana mungkin sultan yg waktu itu baru berumur 20-an tahun bisa mempunyai sifat seperti itu………dalam buku itu dikatakan bahwa sultan mehmed adalah seorang maniak yg suka menumpahkan darah……tetapi yg lucunya buku itu juga menulis bahwa…….ketika berhasil menaklukkan kota konstantinopel itu….tidak ada satupun instruksi dari sultan untuk membunuh orang yg menyerah secara baik2….gereja2 ataupun semua rumah ibadah milik agama lainpun tidak ada satupun yg dihancurkan ………. memang gereja aya sophia dijadikan mesjid oleh sultan mehmed……tetapi gereja2 yg banyak bertebaran diseantero kota tidak diganggu…..coba anda bandingkan dengan apa yg dilakukan oleh orang kristen dalam Perang salib yg menjadikan mesjid dan Synagoga sebagai kandang kuda (sumber dari buku perang Salib karya karen Amstrong)……….itu hanya satu contoh…sangat banyak contoh2 lainnya pernah saya temukan tentang pemutar balikkan fakta seperti itu……….(waduuuh…baru nulis sepanjang ini aja ..udah mulai capek nih)……besok saya akan lanjutkan dan akan saya kupas semua point2 yg telah anda tulis diatas…..salam….

  18. iney said, on November 27, 2012 at 10:17 pm

    anda menulis :point 1. Jika anda berusaha menguraikan tentang proses inkuisisi spanyol anda harus mulai membaca lagi literatur yang benar tentang proses invasi islam di timur tengah dan eropa sebagai contoh http://en.wikipedia.org/wiki/Muslim_conquests (dalam situs itu disertakan juga literatur dan referensi-refensinya).

    jawaban saya:……saya menuruh rinaldi membaca buku itu (. islam andalusia sejarah kebangkitan dan keruntuhan…..karya ahmad thomson….buku ini sangat penting untuk dibaca..karena buku ini memuat eksodus besar2an orang2 yahudi ke spanyol….dari spanyol inilah nantinya ..orang yahudi banyak yg menjadi kaya raya dan dari sini jugalah mereka menyebar ke seluruh eropah dan sampai akhirnya ke amerika….selama berabad2 yahudi dan Islam bersatu padu untuk menahan gempuran kristen……………..

    nah kalo anda meneliti dengan lebih hati2 apa yg saya tulis maka anda akan paham apa maksud saya……..saya ingin menerangkan kepada saudara rinaldi agar setelah membaca buku ini….mustinya dia akan lebih paham bahwa kapan sih orang yahudi datang berbondong2 ke eropah (spanyol)……nah dari buku itu rinaldi akan tahu bahwa buat orang yahudi……orang2 islam dulunya jauh lebih berjasa apabila dibandingkan dengan orang kristen….karena dengan jasa orang islamlah…orang2 yahudi yg ber emigrasi ke spanyol menjadi kaya raya dan menjadi jauh lebih berpengaruh apabila dibandingkan ketika mereka masih tinggal di timur tengah

    Saran saya kepada anda……lebih cerdaslah dalam menganalisa dan membuat tanggapan bung…agar kebodohan anda tidak terlalu kelihatan….anda mengcopas link2 dari wiki…tapi seperti yg saya sebutkan saya tidak terlalu percaya…karena alasan2 yg saya sebutkan diatas ….tapi kalo berita yg saya copas tentang inkuisisi ini…kalau anda orang kristen mau tidak mau musti percaya…karena saya kutip dari sumber milik orang kristen sendiri..yaitu : Sarapan pagi Biblika..nih linknya : http://www.sarapanpagi.org/inkuisisi-dalam-sejarah-gereja-vt1554.html…nah kalo menurut anda datanya tidak benar atau isinya hanya fitnah…silahkan tuntut sarapan pagi Biblika karena telah memfitnah Kristen………

  19. Easy day always yesterday said, on November 27, 2012 at 10:17 pm

    @Iney : Saya selalu senang dengan adu argument berbasis literatur seperti ini. Setahu saya dalam wikipedia juga menyediakan literatur pendukung lainnya yang bisa dirunut secara logis. Jadi rasanya akan aneh jika anda hanya mengutip kalimat itu sebagai sebuah sanggahan atas bukti-bukti saya sementara bukti-bukti literatur eksternal tidak anda masukkan sebagai pertimbangan, dan membuat anda langsung mengklaim bahwa bukti-bukti banyak bohongnya sudah beberapa kali saya temukan berita2 maupun buku2 yg ternyata banyak bohongnya………atau memang sengaja dirancang untuk membingungkan publik)… saya jadi berpikir bahwa anda penganut teori konspirasi. Lagipula artikel dari wikipedia yang saya cantumkan juga merupakan peristiwa terkini yang bahkan masih bisa dilihat dan dicek kebenarannya. Apapun alasan anda untuk mengatakan bahwa Muslim conquest tidak pernah ada tidak akan mungkin bisa anda sanggah, karena bukti-buktinya masih ada hingga sekarang. Tapi walaupun begitu saya akan menunggu anda untuk menyelesaikan argumen anda.

  20. iney said, on November 27, 2012 at 10:34 pm

    Easy day menulis :2. Dukungan untuk berdirinya negara israel juga berasal dari kalangan islam juga, http://en.wikipedia.org/wiki/Muslim_supporters_of_Israel#In_Indonesia………..

    jawaban saya: bwhahaha…apalagi ini……..buat saya kalo ada orang yg mendukung negara Israel yg telah jelas2 membunuh, membantai, memperkosa serta merampok, menjarah dan mengusir pendududk asli dari tanah Palestina seperti apa yg telah diuraikan odalam bukunya ETNIC CLEANSING OF PALESTINA…KARYA Ilan Pappe …maka dapatlah saya pastikan bahwa otak orang tersebut sudah TIDAK WARAS LAGI alias GILA…kalau bukan begitu…saya pastikan dia bukanlah orang yg “berpengetahuan”atau menguasai permasalahannya secara utuh dan menyeluruh………bukannya saya picik…akan tetapi saya lebih mempercayai Ilan pappe karena selain dia seorang yg mumpuni di bidangnya ( ahli sejarah )……dia jelas adalah orang israel sendiri……dan yg paling penting….buat ilan pappe sendiri…tidak ada keuntungan yg sangat besar yg didapatnya ketika menulis tentang masalah ini…jauh lebih banyak ruginya dalam segala hal..apakah itu dari segi financial maupun kemanan jiwanya….perlua anda ketahui……bahwa siapa yg suka menjelekkan negara israel…jauh lebih banhyak RUGI daripada UNTUNGNYA………waduuuh baru terasa bener ngantuknya….sorry bro Yoseph…akhirnya saya bener2 ‘harus” pamit……setelah saya paksa2in…ngantuk sudah tak tertahankan lagi…karena kemaren malam juga kurang tidur…….bye..bye..

  21. Rinaldi said, on November 28, 2012 at 12:04 am

    Andalannya si Iney cuma Ilan Pappe. LOL! Capek. Sudah saya urai di atas tentang Ilan Pappe. :p

  22. jerry said, on November 28, 2012 at 1:23 am

    Akhirnya, tersebutlah proposal yang dinamakan UN Partition Plan pada November 1947, yang membagi Palestina (dalam pengertian waktu itu, bukan dalam pengertian “PNA”-nya Oslo Accord) menjadi dua: untuk Arab dan Yahudi.

    Palestina Arab, adalah daerah yang mayoritasnya Arab (804 ribu Arab berbanding 10 ribu Yahudi). Palestina Yahudi, adalah daerah yang mayoritasnya Yahudi (538 ribu Yahudi berbanding 397 ribu Arab). Cukup adil. (Sumber data: jewishvirtuallibrary.com)

    I’m said :
    wah.. saya mesti belajar matematika lagi nih kayaknya.. kalau pembagian seperti ini dibilang adil..
    daerah yg 98,8% nya mayoritas arab “tidak diakui kemerdekaannya”…
    sedangkan yang 57,5% yahudi berbanding 42,5% arab telah menjadi negara “yahudi”..

  23. jerry said, on November 28, 2012 at 2:36 am

    Easy day always yesterday said:
    Jika kita mau berpikir obyektif kita pasti terkejut dengan apa yang kita dapatkan. Tapi sekali lagi, jika anda fanatik rasionalitas anda akan 100% tertutup oleh kefanatikan… karena fanatik adalah bentuk paling berbahaya dari egoisme… yang selalu mengatakan bahwa tidak ada kebenaran lain kecuali kebenaran saya, walaupun didepan matanya sendiri bukti2 lain terpampang jelas. Salam Sejahtera untuk mereka yang punya hati dan logika… karena itu adalah karunia terbesar Tuhan untuk kemanusiaan.
    i’m said :
    saya setuju sekali, karena itu lah saya membaca artikel tidak hanya yang kontra israel tetapi juga yg pro israel seperti ini.. saya kira yang fanatik pasti tidak akan berminat untuk membaca artikel ini….
    bagaimana dengan anda??

    Easy day always yesterday said:
    7. Quran dan Muhammad nabi anda sendiri mengakui bahwa Yahudi mempunyai hak atas Kanaan seperti yang diberikan Tuhan kepada mereka, dan tidak seorangpun berhak melarang Tuhan memberikan tanah itu kepada Israel.
    i’m said :
    saya sangat senang dengan pernyataan ini…
    begitu mulianya Al Quran dan Nabi Muhammad yg mengakui Yahudi, tidak seperti israel dan sekutunya serta anda mungkin yang tidak mengakui palestina (kemerdekaan).. tentunya dgn pernyataan ini terlahirlah sumber yg anda buat ini http://en.wikipedia.org/wiki/Muslim_supporters_of_Israel#In_Indonesia……….. hehe ^_^

    Easy day always yesterday said:
    8. Jika anda berpikir seharusnya Israel tidak perlu melawan ketika dibom oleh negara-negara tetangganya, maka anda perlu memeriksakan diri ke rumah sakit jiwa terdekat.
    i’m said :
    wahhh.. gimana mau ke rumah sakit jiwa, rumah sakit jiwa pada di bombardir sama israel, katanya di rumah sakit itu ada pejuang hamas yang lagi sembunyi.. hahaa ^_^
    takutnya ntar rumah anda di bombardir juga sama israel, dikira ada pejuang hamas yg lg sembunyi…

    Easy day always yesterday said:
    9. Lagipula Israel kan cuman kecil kenapa sih banyak muslim begitu takut dan galau dengan keberadaan Israel.
    i’m said :
    haha… bukannya kebalik ya…. palestina yang udah sekecil upil gitu aja israel dan sekutunya takuttt..

    Easy day always yesterday said:
    12. Maaf mas / mbak kalo bicara tanpa fakta yang kuat itu sama dengan Tahayul… Kebenaran hakiki itu adalah kebenaran sejati yang dimiliki tiap manusia tanpa memandang apapun latar belakangnya. Kalo orang jawa bilang “Nek ora pingin dikeplak ojo ngeplak” —- jika tidak ingin dipukul jangan memukul. Kalo konsep kebenaran sesederhana ini saja kita tidak sepaham berarti kita tidak perlu bicara panjang lebar lagi.
    I’m said:
    emang fakta yg kuat itu seperti apa??
    Apakah wikipedia yg dapat diedit oleh siapa saja yang memiliki referensi terhadap website2 lain yg ditulis juga oleh orang2 yg bisa saja salah??
    atau buku yg bisa jg ditulis oleh siapa saja??
    berita??
    gk mgkin kitab suci kan??

  24. jerry said, on November 28, 2012 at 3:02 am

    Jika anda membenarkan perbuatan israel yang menyerang hamas tetapi korbannya warga sipil… terus apa bedanya dengan teroris… yang menyerang musuh (menurut mereka) tetapi korbannya warga sendiri..

  25. Easy day always yesterday said, on November 28, 2012 at 3:31 am

    @mas jerry yang aneh : akan saya tanggapi argumen anda berbasis literatur :

    1. a. saya setuju sekali, karena itu lah saya membaca artikel tidak hanya yang kontra israel tetapi juga yg pro israel seperti ini.. saya kira yang fanatik pasti tidak akan berminat untuk membaca artikel ini….bagaimana dengan anda??

    b. Bagaimana anda bisa tau artikel ini “pro israel” kalo anda tidak “membacanya” bro. (Sudah sadar kesalahan anda?)

    2. a. begitu mulianya Al Quran dan Nabi Muhammad yg mengakui Yahudi, tidak seperti israel dan sekutunya serta anda mungkin yang tidak mengakui palestina (kemerdekaan).. tentunya dgn pernyataan ini terlahirlah sumber yg anda buat ini http://en.wikipedia.org/wiki/Muslim_supporters_of_Israel#In_Indonesia……….. hehe ^_^

    b. Pernah dengar taqqiya?.Periode mekah dan medinah?. dan apakah orang yang mendukung israel tadi mendapat simpati dari golongan mereka?. (yak perlu belajar lagi).

    3. a. wahhh.. gimana mau ke rumah sakit jiwa, rumah sakit jiwa pada di bombardir sama israel, katanya di rumah sakit itu ada pejuang hamas yang lagi sembunyi.. hahaa ^_^
    takutnya ntar rumah anda di bombardir juga sama israel, dikira ada pejuang hamas yg lg sembunyi…

    b. Pernah lihat guided missile in action, pernah coba melihat laporan idf di youtube?. terus masalah rumah sakit jiwa yang dibom saya anggap anda taqqiya aja ya. (Coba lagi yang lebih baik ya).

    4. a. haha… bukannya kebalik ya…. palestina yang udah sekecil upil gitu aja israel dan sekutunya takuttt..

    b. Pernah dengar perang arab israel?, pernah dengar perang yom kippur?. Yang mewek-mewek nuduh israel sebagai pembunuh anak kecil dan rakyat sipil siapa ya kemaren?. Terus yang nglemparin roket pertama siapa ya?. pernah berpikir kalo israel mau pake roket abal-abal seperti punyanya hamaz kira-kira gimana bro buat palestina?. (Okay-okay, belajar lagi ya)

    5. a. emang fakta yg kuat itu seperti apa?? Apakah wikipedia yg dapat diedit oleh siapa saja yang memiliki referensi terhadap website2 lain yg ditulis juga oleh orang2 yg bisa saja salah?? atau buku yg bisa jg ditulis oleh siapa saja??
    berita?? gk mgkin kitab suci kan??

    b. Pernah dengan pembuktian empiris, historis dan logis?. Wikipedia mungkin bisa diedit oleh siapapun, itu bagusnya kan. Artikel tanpa referensi namanya apa mas jerry…. hoax. Buku yang bisa ditulis siapa saja itu boleh juga…. tapi buku yang bisa dibaca dan diterima oleh siapa saja itu bagus. Tolong kalo bisa ini dan tidak merepotkan lho… definisikan buku yang bisa juga ditulis oleh siapa saja itu gimana?. Saya malah kadang berpikir wikipedia lebih baik dari al quran lho bro swerrr. Dan saya yakin saya bisa menemukan 5 orang yang bisa membuat kitab suci kalo hanya seperti al quran.

    Cuman gitu aja bro… wah nggak seru dong, usaha lagi ya. Muahhhhh. Peace

    NB : Eh bentar…. kalo butuh artikelnya ngomong aku ya… terus kalo dirumah pasang TV kabel atau parabola bro supaya nggak nonton TV Oneng terus ya… Nonton Al Jazera, Memri TV… biar tambah pinter… okay

  26. iney said, on November 28, 2012 at 8:10 am

    @Rinaldi….ada satu pertanyaan buat anda…tolong dijawab dengan sejujurnya…apakah anda sama dengan orang yg punya akun FB dengan nama rinaldi doang????..kalau iya…tolong panggil tuh si Arloren Antoni kesini ikut berdiskusi…soalnya dia telah memblok total akun saya atas nama William janson….kenapa saya minta anda menghubungi dia…karena si arloren itu kelihatannya belajar sejarah dari tulisan2 anda….padahal menurut analisa saya…anda bukanlah ahli sejarah segala…buat saya…..anda hanyalah seorang tukang copas (maaf..maaf hehehehe)…tapi kalau anda tidak terima perkataan saya…tolong tunjukkan referensi yg pernah anda baca ya, yg katanya anda punya banyak buku referensi tentang masalah konflik ini)….mohon maaf, kalau anda hanya ngutip dari wikipedia…saya tidak akan pernah bisa mempercayainya secara mutlak kebenaran beritanya, apalagi kalo sumber anda hanya berdasarkan sepihak atau mengutip sumber2 dari israel…….seperti tulisan anda diatas…….

  27. iney said, on November 28, 2012 at 8:36 am

    rinaldi said:
    Andalannya si Iney cuma Ilan Pappe. LOL! Capek. Sudah saya urai di atas tentang Ilan Pappe. :p

    saya:……..uraian anda sudah saya bantah……dan setelah itu anda nggak pernah nongol lagi untuk melanjutkan diskusi…cape deh……..

    harus anda ketahui, bahwa sangat langka buku sejarah yg pernah ditulis oleh orang yahudi maupun kristen dengan senang hati akan menceritakan segala hal tentang kejelekkan dan keburukkan dari sejarah kelam dari pendudukan israel atas palestinai…tentu saja mereka pasti lebih memilih “kebenaran sejarah” berdasarkan versi mereka…..cuma yg musti anda ketahui..selama dua puluh tahun terakhir inii banyak juga “penulis2 baru” dari Israel sendiri yg mulai berani menuliskan tentang sejarah baru yg lebih netral tentang konflik antara palestina dan israel ini……..

    beberapa diantaranya : Baruch Kimmerling, simma flapan, shlomo ben-ami, tom segev, avi shlaim dan Zeev Sternhell, bahkan nama benny moris juga tercantum didalamnya……..(tentu ada perbedaan pandangan antara Ilan pappe dan benny moris, pada beberapa sisi, tetapi untuk lain hal mereka banyak mempunyai persamaan)…….termasuk juga Noam chomsky…….hasil penelitian mereka ini yg telah dibukukan ternyata secara efektif telah menjungkir balikkan pengetahuan konvensional tentang pendirian Israel dan kebijakan2 selanjutnya terhadap baik di negara2 di sekitarnya maupun terhadap bangsa palestina. cendekiawan2 dari negara2 lainpun telah memberikan sumbangan mereka untuk “MELURUSKAN CATATAN SEJARAH”. Bersama-sama, karya karya mereka “TELAH MENGIKIS VERSI SEMULA”, yang sangat romantis, tentang pendirian negara israel, dengan bangsa Yahudi biasa digambarkan sebagai orang baik2 sedangkan bangsa-bangsa arab sebagai penjahat. lebih dari itu, karya2 mereka telah menjelaskan bahwa setelah israel memperoleh kemerdekaannya, perilakunya jauh lebih agresif terhadap bangsa palestina dan bangsa2 arab lain daripada biasa yang diketahui.

  28. iney said, on November 28, 2012 at 8:38 am

    mau of dulu nih..nanti akan saya lanjutkan bahasan dari tulisan easy day..(bung Yoseph???)..buat bung jery…selamat bergabung,,, mari kita ramaikan diskusi disini….salam ….

  29. iney said, on November 28, 2012 at 9:42 am

    @Rinaldi…anda mengatakan andalan saya hanya buku ilan pappe tsb??….bukankah sudah saya ‘suruh’ anda membaca buku karen Amstrong yg berjudul JERUSALEM SATU KOTA TIGA IMAN……dalam buku karen Amstrong ini dijelaskan dengan cukup detail walaupun tidak sedetai bukunya ; Etnic cleansing of palestinanya Ilan pappe……..dalam bukunya Karen amstrong menuliskan dengan cukup lengkap tentang seluk beluk kehidupan dan konflik2 yg terjadi anatara yahudi, kristen maupun islam serta berikut komposisi jumlah pendududk dari kota yerusalem.

    Klaim2 yg mengatakan bahwa palestina adalah tanah tak bertuan dan tidak berpenghuni adalah klaim dungu yg jelas2 tidak bisa dipertanggungjawabkan

  30. iney said, on November 28, 2012 at 10:22 am

    @easy days…………sebelum saya melanjutkan pembahasan berikutnya dari komen anda..perlu saya tambahkan sedikit lagi keterangan dari poin 1 dimana anda mencoba membandingkan penaklukan yg dilakukan dan hubungannya dengan Inkusisi…perlu anda ketahui bahwa penaklukkan yg dilakukan oleh islam dan apa yg terjadi dengan peristiwa inkuisisi sangat jauh sekali perbedaannya……dalam penaklukkan islam tidak ada pemaksaan bahwa penduduk daerah taklukkan ;dipaksa atau diwajibkan memeluk agama si penakluk…sangat lain halnya dengan Inkuisisi…setelah islam kalah di spanyol..penduduknya yg beragama islam maupun yahudi ‘DIPAKSA’ harus berpindah agama………bagi yg membangkang..hanya ada 2 cara yg harus mereka terima…….diusir tanpa diperbolehkan mebawa harta benda atau dibunuh dengan cara yg paling kejam dan sangat mengerikan……….setelah mereka dipaksa untuk berpindah ke agama kristen..mereka selalu diawasi dan dimata2i dengan sangat ketat…agar2 orang2 itu tidak kembali murtad….itu dilakuan selama beratus2 tahun……dan akhirnya walaupun mereka telah menjadi kristen selama beratus2 tahun..mereka tetap saja diusir dari tanah kelahiran mereka tsb………agama Kasih….hem..hem……

  31. iney said, on November 28, 2012 at 10:28 am

    lanjut ke no. 3

    easy days said;
    3. Negara israel tidak hanya memiliki penduduk yahudi namun berbagai agama ada di Israel.

    jawaban saya:….lho!!!! sejak kapan saya menulis tidak ada agama selain agama yahudi di israel????????/…….

    poin ke 3 dari anda ini..buat saya hanya asal tulis alias asal njeplak!!! atau asbun………..dengarlah anjuran saya selagi ya….: pergunakanlah otak anda dengan sebaik2nya dalam diskusi ini…agar anda tidak saya anggap sebagai orang dungu……..

  32. iney said, on November 28, 2012 at 11:01 am

    lanjut ke no. 4

    easy days said………..4. Perang salib tidak pernah dimulai oleh negara-negara kristen http://en.wikipedia.org/wiki/Crusades, karena tujuan tentara salib saat itu hanya untuk memulihkan akses ke tanah suci, dan perang ini juga berjasa besar buat kaum muslim karena menghalangi kemajuan tentara-tentara arab muslim untuk menguasai eropa, karena dengan dikuasainya eropa oleh tentara arab islam saya yakin anda tidak akan menulis tulisan seperti sekarang melainkan hanya duduk didepan api unggun dan sibuk bercerita tentang tahayul.

    jawaban saya:

    itukan pendapat yg anda dapatkan dari sumber wikipedia tsb yg setelah saya telti lebih lanjut….hampir semua penulisnya adalah orang2 barat yg notabene mereka adalah jelas2 kristen atau yahudi……tentu saya tidak menyangkal tulisan2 mereka secara total menuduh bahwa orang islamlah yg mula2 pertama kali menyulut konflik tsb……..soalnya tulisan2 yg dikutip dari buku2 tsb hanya sepenggal2 dan tidak utuh……yg jelas saya juga bisa beragumen bahwa hampir semua buku2 sejarah yg pernah saya baca yg ditulis oleh sejarawan islam menyangkal tuduhan bahwa islamlah yg memulai dengan sengaja perang salib ini……..jadi agar lebih fair…tolong anda sebutkan satu saja sejarawan islam yg menulis buku yg mengatakan bahwa Islamlah yg mula2 memulai perang salib?????…..kalo saya punya buku yg ditulis oleh orang barat dan seorang biarawati khatolik yg bernama Karen Amstrong yg menyatakan bahwa bukan orang islam yg dengan sengaja menyulut perang salib tsb………..

    easy days said:
    @Iney : Saya selalu senang dengan adu argument berbasis literatur seperti ini. Setahu saya dalam wikipedia juga menyediakan literatur pendukung lainnya yang bisa dirunut secara logis. Jadi rasanya akan aneh jika anda hanya mengutip kalimat itu sebagai sebuah sanggahan atas bukti-bukti saya sementara bukti-bukti literatur eksternal tidak anda masukkan sebagai pertimbangan, dan membuat anda langsung mengklaim bahwa bukti-bukti banyak bohongnya sudah beberapa kali saya temukan berita2 maupun buku2 yg ternyata banyak bohongnya………atau memang sengaja dirancang untuk membingungkan publik)… saya jadi berpikir bahwa anda penganut teori konspirasi. Lagipula artikel dari wikipedia yang saya cantumkan juga merupakan peristiwa terkini yang bahkan masih bisa dilihat dan dicek kebenarannya. Apapun alasan anda untuk mengatakan bahwa Muslim conquest tidak pernah ada tidak akan mungkin bisa anda sanggah, karena bukti-buktinya masih ada hingga sekarang. Tapi walaupun begitu saya akan menunggu anda untuk menyelesaikan argumen anda.
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    jawab saya:……..di bawah ini akan saya copaskan kepada anda arti ‘penyangkalan’ yg terdapat dibagian bawah dari halaman wikipedia….

    Wikipedia adalah suatu isi ensiklopedia kolaboratif isi terbuka terhubung, yaitu, suatu kumpulan individu dan kelompok yang bekerja untuk membangun suatu sumber daya bersama untuk pengetahuan manusia. Struktur proyeknya mengizinkan siapa pun yang memiliki koneksi ke Internet untuk mengubah isinya. Harap disadari bahwa semua yang ada di sini belum diulas oleh orang-orang dengan keahlian yang dibutuhkan untuk menyajikan kepada Anda informasi yang lengkap, akurat, dan terpercaya.

    Bukan berarti bahwa Anda tidak dapat menemukan informasi yang berharga dan lengkap di Wikipedia; sebagian besar Anda akan menemukannya. Tetapi, Wikipedia tidak dapat MENJAMIN VALIDITAS INFORMASI YG DITEMUKAN DISINI”. Isi artikel mana pun mungkin saja baru saja diubah, divandalisasi, atau diubah oleh orang lain yang opininya mungkin tidak sesuai dengan pengetahuan pada bidang yang terkait.
    Tidak ada penilaian sejawat formal

    Kami selalu berupaya untuk memilih dan mengedepankan versi terpercaya dari suatu artikel. Komunitas aktif dari para penyunting kami menggunakan perangkat seperti Perubahan terbaru dan Halaman baru untuk mengawasi penambahan dan perubahan isi. Tetapi, Wikipedia tidak mendapat ulasan sepadan secara merata; walaupun para pembaca dapat memperbaiki kesalahan atau terlibat dalam suatu proses penilaian sejawat (peer review), mereka tidak memiliki kewajiban hukum untuk melakukannya sehingga semua informasi yang disajikan di sini tidak disertai jaminan kelayakan untuk keperluan atau penggunaan apa pun. Bahkan artikel yang telah dinilai oleh proses penilaian sejawat non formal atau artikel pilihan mungkin nantinya akan disunting dengan tidak benar, tepat sebelum Anda membacanya.

    Tidak ada seorang kontributor, sponsor, pengurus, atau siapa pun yang berhubungan dengan Wikipedia dengan cara apa pun dapat bertanggung jawab untuk munculnya informasi yang tak akurat atau untuk penggunaan Anda terhadap informasi yang terdapat atau terhubung dari halaman-halaman situs ini.
    Tanpa kontrak; lisensi terbatas

    Harap yakinkan bahwa Anda mengerti bahwa informasi yang ada di sini disediakan secara secara bebas, dan tak ada perjanjian atau kontrak yang dibuat antara Anda dan para pemilik atau pengguna situs ini, pemilik server yang ditempati, individu kontributor Wikipedia, pengurus proyek, atau siapa pun yang dengan cara apa pun berhubungan dengan proyek ini atau proyek kerabatnya yang dapat dijadikan dasar untuk melakukan tuntutan secara langsung terhadap mereka. Anda diberikan suatu lisensi terbatas untuk menyalin apa pun dari situs ini; hal tersebut tidak menyebabkan suatu kewajiban kontraktual atau ekstra kontraktual bagi pihak Wikipedia atau agen, anggota, penyelenggara, atau pengguna lain
    ===========================================================================================

    @Easy days….coba anda baca2 baik2 tulisan peringatan dari wikipedia itu…jadi sangat jelas.. bahwa isi artikel yg ada di wiki belum bisa dikatakan shahih datanya….kalaupun bener isinya..karena saya tidak punya buku2nya yg menjadi referensi si penulis ketika menulis di wiki ini dan karena saya tidak membaca bukunya secara langsung…tentu saja saya tidak bisa membuktikan kevalidan/kebenaran datanya……..bisa2 aja si penulis di wiki menulis lain daripada apa yg dimaksud oleh penulis bukunya….wallahualam….

    kapan saya mengatakan. menulis bahwa muslim conquest tidak pernah ada?????????….itu namanya anda hanyalah tukang ngarang bung….sekali lagi…..saya ingatkan kepada anda…….lebih cermatlah!!…supaya anda tidak asal bunyi (asbun)…..

  33. iney said, on November 28, 2012 at 11:14 am

    lanjut ke no. 5

    easy days said: 5. Kaum muslim fanatik umumnya menutup mata tentang kejahatan yang dilakukan oleh sesama muslim dengan mengabaikkan berita tentang keburukan-keburukan sesama muslim, seperti genocida armenia yang dilakukan oleh turki, genocida muslim afrika yang dilakukan oleh penguasa arab muslim, dan masih banyak lagi lainnya.

    jawab saya:

    itukan kaum muslim fanatik…kebetulan saya bukan kaum muslim fanatik!!!!!…camkan itu ya…….

    Kalau ada orang2 islam yg melakukan teror ataupun kejahatan2 atas nama agama…saya juga mengutuknya kok……tapi yg musti anda ingat; dalam Islam berdasarkan Alquran dan sunnah telah ditulis dengan sangat jelas “ADAB” dalam berperang….bagaimana larangan2 ataupun yg diperbolehkan dalam berperang, antara lain:……..Islam melarang keras melakukan pembunuhan terhadap anak2, orang tua maupun wanita…apalagi memperkosa wanita…….tawanan2 yg telah menyerah harus diperlakukan dengan sebaik2nya..banyak lagi larangan2 untuk melakukan kejahatan2 kepada tawanan yg telah menyerah………

    Nah yg menjadi persoalannya…kalau ada orang islam yg melakukan pelanggaran atau bertingkah tidak sesuai dengan ajaran islam……tentu saja sangat mudah dipastikan bahwa orang itu bukanlah ORANG ISLAM YG BAIK…..sederhana toh

    NB; yg penting anda ketahui bahwa dalam injil..tidak ada peraturan tentang “ADAB perang kok!…………jadi sebelum anda menuduh orang islam melakukan kekejaman2 berdasarkan ajaran islam…saya bisa memastikan bahwa anda mendapat informasi yg jelas2 SALAH bung…

  34. iney said, on November 28, 2012 at 11:20 am

    lanjut ke poin 6.

    easy days said6. Orang israel baik dia muslim, yahudi, kristen atau druze mempunyai hak untuk hidup dan membela diri seperti halnya anda dan saya.

    jawaban saya:….

    Lho!!!..jadi menurut anda orang islam, kristen maupun yahudi diluar israel tidak boleh hidup dan berjuang untuk merebut tanah mereka yg dirampas secara paksa itu ya………ada2 saja anda ini bung….hihihihi

  35. iney said, on November 28, 2012 at 11:26 am

    Oke……saya mau off dulu nih..nanti akan saya lanjutkan membahas poin2 berikutnya……..

  36. jerry said, on November 28, 2012 at 10:09 pm

    untuk Easy day always

    saya yakin anda bisa mengambil kesimpulan dari apa-apa yg anda baca, anda hanya menguji saya.. bukan begitu kan Easy day always?? nama yg indah… saya tidak akan membaca artikel di atas lagi karena sudah cukup/selesai saya baca, dari komentar saya sebelumnya yang menyebutkan pembagian israel dan palestina yang dituliskan oleh artikel ini “cukup adil”.. dari situ saja sudah dapat kita lihat… keberpihakannya..
    sudahlah saya tidak perlu mengomentari yang lainnya lagi, saya yakin semua orang bisa menilai komentar anda tsb.. tidak akan ada habis-habisnya nanti..

    silahkan pertimbangkan artikel-artikel ini untuk wikipedia yang anda banggakan itu,
    http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2131458/Up-articles-Wikipedia-contain-factual-errors.html
    http://sidomi.com/86766/wikipedia-muat-informasi-yang-tidak-akurat-60-artikel-memiliki-kesalahan-faktual/

  37. Easy day always yesterday said, on November 29, 2012 at 11:52 am

    @Jerry : oke saya sudah baca tentang artikel yang anda baca, yang jadi pertanyaan saya apakah anda sudah membaca kalimat ini “Mutlak hukumnya untuk menggali informasi dari banyak sumber dan tidak tersentral di satu ruang,” terang Profesor Marcia DiStaso……?. Apakah anda sudah membaca referensi-referensi dari artikel wikipedia tersebut?. Kalo anda sudah membaca artikel-artikel tersebut anda pasti sudah tahu apa sebenarnya palestina itu?.

  38. Easy day always yesterday said, on November 30, 2012 at 5:17 am

    @Iney : perbedaannya……dalam penaklukkan islam tidak ada pemaksaan bahwa penduduk daerah taklukkan ;dipaksa atau diwajibkan memeluk agama si penakluk…sangat lain halnya dengan Inkuisisi…

    Inkuisisi dilakukan Gereja memburu ajaran sesat yang berada dalam lingkungan gereja katholik. Yang menjadi target Inkuisisi adalah anggota Gereja yang menjalankan paham sesat.Contoh orang-orang moor yang memilih menjadi katholik namun menjalankan ajaran islam secara sembunyi-sembunyi begitu juga orang orang yahudi yang telah menjadi katholik. Ingat tentang ahmadiyah kemaren nggak mas?(dimana islam yang bener yang anda maksud ditulisan anda waktu itu terjadi?). ya kayak gitulah…. namun bedanya inkuisisi kemudian telah dikoreksi dan tidak bisa diterapkan selamanya… karena ada kebenaran-kebenaran lain diluar sana.

    Maaf mas Iney : anda ini pura-pura dungu atau buta atau tuli atau kombinasi dari semuanya…. Saya kutipkan dari kitab suci anda sendiri ya…

    Perangilah oleh kalian mereka (orang-orang kafir) hingga tidak ada lagi fitnah (kekafiran) sehingga agama ini hanya milik Allah semata. (QS al-Anfal [8]: 39).

    Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang Mukmin jiwa-jiwa mereka dan harta-harta mereka dengan imbalan surga bagi mereka; mereka berperang di jalan Allah kemudian membunuh atau terbunuh. (QS at-Taubah [9]: 111).

    Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. (QS at-Taubah [9]: 73).

    Akan tetapi, Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berjihad dengan harta dan diri mereka. (QS at-Taubah [9]: 88).

    Frasa waghluzh ‘alaiyim dan bi amwâlihim wa anfusihim merupakan indikasi (qarînah) yang menunjukkan bahwa jihad yang dimaksud dalam ayat itu adalah jihad syar’i, yakni memerangi orang-orang kafir.

    Dan ayat-ayat diataslah yang digunakan oleh filosof terkenal islam di Jawa (jaman keruntuhan majapahit) yaitu Syekh Siti Jenar (Manunggaling Kawulo Gusti) karena beliau menentang pemaksaan agama dengan cara seperti itu, kenapa karena islam diberi hak di tanah jawa jadi kenapa harus memaksakan orang jawa untuk memeluk islam secara keseluruhan, sehingga sampai sekarang muncul istilah islam abangan dan putihan. (Babad tanah Jawa) (kalo anda tidak paham masalah sejarah ini bisa ceritakan…. lagipula tinggal copy paste kok… santai saja)

    Dan ini sumber2 lainnya : (dan ini saya punya bukunya)

    1. Jihad in the West: Muslim Conquests from the 7th to the 21st Centuries (Hardcover) by Paul Fregosi
    2. The Great Divide: The failure of Islam and the Triumph of the West by Marvin Olasky
    3. Islam : In light of History by Dr. Rafat Amari
    4. The Approach of Armageddon: An Islamic Perspective by Muhammad Hisham Kabbani

    Terus kalo tidak dipaksakan itu kenapa ya dulu ada DII TII, sekarang NII, Terus ada FPI… terus pengrusakan gereja, vihara, pura ?. (jangan omong kosong dengan saya ya mas… ciyus miapah)

    dan kalo diluar negeri anda bisa lihat di CNN, Aljazera dan piliha ajalah yang ingin anda tonton… Philipina, Thailand, Nigeria, China, India, Pakistan dll…. Demi Tuhan kenapa Islam sibuk memusuhi seluruh dunia…?

  39. jerry said, on November 30, 2012 at 8:01 pm

    oke.. sipp…. saya sudah membacanya.. dan seperti yang anda sarankan juga saya telah membaca dari berbagai sumber lainnya.. (“Mutlak hukumnya untuk menggali informasi dari banyak sumber dan tidak tersentral di satu ruang,” seperti yang anda katakan tp saya malah curiga tapi tentunya tidak boleh mengatakan anda hanya menggali informasi “negatif palestina” atau “positif israel”, tidak dari kedua belah pihak seperti yang saya/kami lakukan (contohnya dengan membaca blog ini) dan juga saran anda tersebut.)

    dan setelah saya baca akhirnya sekarang saya tahu seperti apa sebenarnya palestina itu.. dan seperti apa israel itu.. dan seperti apa juga anda.. dan juga saya tidak akan mengatakan anda adalah seorang yang fanatik atau telah terdoktrin dalam diri anda bahwa semua muslim itu buruk karena anda hanya melihat muslim itu dari bagian yg kecil, tidak seutuhnya… biarkanlah orang lain dan waktu yang menilainya..

  40. jerry said, on November 30, 2012 at 8:05 pm

    jika kita bicara tentang sejarah, saya kira tidak akan ada habis-habisnya.. banyak orang yang memiliki pandangan yang berbeda dengan anda..
    tetapi mari kita berandai andai…kita buang jauh2 bahwa israel itu telah merampas tanah palestina dengan cara yang keji, dengan cara yang biadab… andaikan seperti yang anda katakan.. untuk melindungi diri atau hamas yang telah melempar roket terlebih dahulu ke israel..

  41. Easy day always yesterday said, on November 30, 2012 at 8:34 pm

    @Mas Jerry : Thank you for your understanding, saya akan mengkoreksi tentang kata fanatik yang anda lemparkan ke saya. Secara logis apa yang saya lakukan hanya untuk menyadarkan anda bahwa konflik apapun yang terjadi di palestina adalah murni politik, dan masalah yang muncul di dunia muslim adalah mengislamkan masalah-masalah tersebut. Saya pernah mendengar dengan telinga saya sendiri beberapa waktu yang lampau tentang masalah di kalimantan tentang perseteruan antara suku dayak ydan madura, di Metro TV sempat2nya seorang penelpon dari Jawa bilang bahwa itu adalah masalah agama…. (tolong sadarkan saya jika saya bermimpi). Orang jawa disana bahkan tidak tersentuh masalah tersebut namun ada orang-orang yang ingin mengislamkan masalah tersebut, anda coba tanyakan sendiri kenapa?. Belum lama berselang ini, Yusup Kalla berkunjung ke Burma mengenai masalah rohingya, hanya untuk memastikan bahwa itu bukan masalah agama seperti yang digembor-gemborkan di Indonesia… (sadarkan saya juga masalah ini)… belum lama ini juga masalah pemilukada di DKI, anda bisa baca kan gimana?. Saya kadang jadi bertanya-tanya dengan semua masalah ini ada apa dengan saudara-saudara saya yang kebetulan muslim kok bisa seperti itu. Ya katakanlah semua muslim tidak seperti itu… paling tidak mereka bisa mencari kebenaran sesungguhnya tentang masalah itu. Peristiwa terakhir lampung antara transmigran bali dan penduduk asli lampung… Jujur saja saya sedih mendengar itu. Jika semua pemeluk agama berusaha mengagamakan masalah-masalah tersebut dan memfanatikkan pengikut-pengikutnya… mau jadi apa dunia ini. Dalam bantahan-bantahan itu saya tidak berusaha menyerang anda, hanya menunjukkan ini lho yang membuat hampir semua saudara kita yang muslim membela palestina secara membabi buta… dan ini lho yang membuat orang-orang non muslim membela israel. Dari situ kita bisa mencoba menarik benang merah tentang apa yang sebenarnya terjadi. Saya hanya ingin kita itu tidak mudah terpancing masalah-masalah seperti ini tanpa dasar yang jelas. Katakanlah saya muslim tanpa melihat sumber lain saya juga akan bersikap sama dengan anda, oleh sebab itulah saya menyodorkan bukti-bukti itu dan berharap anda mengerti maksud saya. Saya ingin teman-teman muslim tidak bermentalitas korban, bahwa semua orang memusuhi mereka, tidak, bukan itu yang saya harapkan. Saya mengharapkan bahwa kita semua sebagai manusia bisa memandang manusia lain sebagai manusia seutuhnya. Saya tidak berniat sedikitpun untuk memusuhi siapapun disini berdasarkan apapun. Hanya ingin memanusiakan… saya, anda dan orang lain yang ada disini paham kita manusia yang tidak luput dari kesalahan, karena jika kita sempurna pasti Bos Besar yang duduk diatas sana sekarang sudah pensiun. Salam Sejahtera.

  42. jerry said, on December 1, 2012 at 12:36 am

    apakah untuk membalasnya/melindungi diri adalah dengan membom seperti itu (silahkan anda cari bom seperti apa saja yang pernah/telah di gunakan israel, salah satunya xx), apakah tidak ada cara lain sebagai orang yang baik seperti penafsiran anda.. apakah serangan harus dibalas dengan serangan, bahkan serangan yang lebih kejam (silahkan cari data korban-korbannya, salah satunya di wikipedia kesayangan anda ini xxx). Salah satu panglima hamas ahmed aljabari yang akhir-akhir ini di bom adalah di bom dalam beberapa jam sesudah dia membawa draft perdamaian permanen (xxxx).. kalau memang israel itu benar/baik.. begitukah!!..

    Anda menuliskan kata “peace” dikomentar anda, saya yakin anda tidak mengerti apa itu arti peace, arti perdamaian!!.. Mari kita sama-sama belajar lagi tentang arti peace dari berbagai sisi/tidak sepihak..

    Anda juga tentu saja bisa seenaknya mengatakan bahwa al-quran itu lebih buruk dari wikipedia (yang hanya memliki 40% kebenaran faktual seperti yang telah saya berikan referensinya di komentar saya sebelumnya), serta bisa mencari 5 orang untuk membuatnya (alquran), karena memang anda tidak tahu isi al-quran tersebut, anda hanya mengutib sebagian kecil, hanya sebuah kalimat tidak secara utuh dari al-quran tersebut..

    Saya tidak bisa membayangkan jika sebuah kitab suci diubah-ubah oleh setiap orang, pasti yang berkuasa lebih memiliki kekuatan untuk merubahnya atau takkan pernah bisa terselesaikan itu kitab suci karena selalu diubah.. kandungan awal atau pokoknya sudah berubah-ubah.. yang terpikirkan oleh saya yaitu sebuah kitab suci itu yang benar-benar kitab suci adalah sakral, asli dan bisa/cocok untuk dipakai sepanjang masa/waktu/zaman, tidak perlu diubah-ubah. (saya tidak menyebutkan alquran adalah kitab suci yg seperti ini atau bukan yg seperti ini)

    Anda juga bisa menyebutkan bahwa sebagian orang muslim yang mendukung israel itu tidak mendapatkan simpati dari muslim lainnya, tentunya karena anda mungkin tidak tinggal di “suatu negara” (di hutan barangkali) yang mana presiden (orang nomor satu di negara itu) saja tidak akan pernah mendapatkan simpati 100% dari seluruh rakyatnya, apalagi yang seperti itu.

    seluruh media televisi di indonesia yang anda katakan adalah “televisi oneng” dari yang pernah saya ikuti saya kira semua lebih “mendukung” palestina, apakah semua media televisi indonesia segitu buruknya, tidak sebaik anda yang lebih mengetahui tentang ini.. silahkan anda menyuarakannya, jgn hanya disini… dan mari kita saksikan waktu yang menilainya..

    Saya tidak boleh mencurigai bahwa anda “Easy day always” adalah orang yang sama dengan pemilik blog ini, karena tentu saja itu tidaklah penting, karena dilain pihak tentu saja saya harus berterimakasih kepada pemiliki blog ini karena ada tempat untuk berkomentar.. Terimakasih.

    Mengutip perkataan/komentar Easy day always yang menyebutkan :
    “Artikel tanpa referensi namanya apa mas jerry…. hoax. “
    Kalau begitu saya katakan artikel ini/diatas adalah hoax.. tidak salah dong.. Saya tidak melihat referensi yang jelas di artikel diatas.. hanya ada sumber yg dapat kita lihat, yaitu ”google.com” dan jewishvirtuallibrary.com=data pembagian wilayah” (apakah google.com itu merupakan sumber!!) maaf pemilik blog!! Saya hanya mengikuti perkataan seseorang yang memiliki nama yang indah yaitu easy day always…

    Namun sebelumnya disamping semua itu sebenarnya saya ragu untuk berdiskusi dengan anda, karena mengambil kesimpulan dari suatu artikel seperti ini saja saya ragukan kemampuan anda, apalagi membaca buku-buku yang lainnya yang anda tuliskan sebagai referensi-referensi anda tersebut.. jangan kebanyakan hoax dan tahayul dong!!, seperti kata anda.
    (Sebelumnya kata anda : “Bagaimana anda bisa tau artikel ini “pro israel” kalo anda tidak “membacanya” bro. (Sudah sadar kesalahan anda?)“ dan sudah saya jawab dimana salah satunya terletak ke“pro israel”annya di komentar sebelumnya)
    Dengan ini, saya tidak yakin anda bisa mengerti terhadap apa-apa yang anda baca.

  43. jerry said, on December 1, 2012 at 12:42 am

    xx : forum. viva. co. id/ internasional/ 589995- senjata- pembunuh-zionis-israel. html
    xxx : id. wikipedia. org/ wiki/ Konflik_Israel_dan_ Palestina
    xxxx : guardian. co. uk/ commentisfree/ 2012/ nov/ 15/ attack- gaza- egypt- challenge- editorial

  44. jerry said, on December 1, 2012 at 12:45 am

    (untuk membuka linknya silahkan dicopy-paste dan spasinya di hapus terlebih dahulu) ternyata dari tadi komen saya tidak muncul karena link-link ini..

  45. Easy day always yesterday said, on December 1, 2012 at 1:34 am

    anda :
    (X)apakah untuk membalasnya/melindungi diri adalah dengan membom seperti itu (silahkan anda cari bom seperti apa saja yang pernah/telah di gunakan israel, salah satunya

    (xx), apakah tidak ada cara lain sebagai orang yang baik seperti penafsiran anda.. apakah serangan harus dibalas dengan serangan, bahkan serangan yang lebih kejam (silahkan cari data korban-korbannya, salah satunya di wikipedia kesayangan anda ini

    (xxx). Salah satu panglima hamas ahmed aljabari yang akhir-akhir ini di bom adalah di bom dalam beberapa jam sesudah dia membawa draft perdamaian permanen

    (xxxx).. kalau memang israel itu benar / baik.. begitukah!!..

    saya :
    1. oke ini dari wikipedia untuk jumlah serangan dari palestina ke israel hanya pada tahun 2012 wow://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Palestinian_rocket_attacks_on_Israel,_2012

    2. Banyak cara untuk berkompromi dengan palestina, baik hamas dan fatah, contohnya adalah perjanjian camp david. Saya cantumkan sumber wikipedianya wow://en.wikipedia.org/wiki/Camp_David_2000_Summit dan pengalaman dari orang-orang fatah atau hamaz sendiri yang akhirnya meninggalkan palestina untuk memberitahukan kebenarannya ini bukunya Son of Hamaz by Moussab Hasan Yousef New York Time Best Seller link wow://www.amazon.com/Son-Hamas-Gripping-Political-Unthinkable/dp/1414333080 dan Moussab Hassan sendiri masih berhubungan baik dengan orang tuanya hingga sekarang dan artikel lainnya press rilis walid soebat eks fatah PLO wow://shoebat.com/

    3. Sumber?.

    4. Pemboman ahmed jabari (wow://youtu.be/P6U2ZQ0EhN4 the death of ahmed jabari) dan surgical bombing (wow://www.youtube.com/UL4LkLk_dkaOI) + (wow://youtu.be/LCVr7MBhgj0 senjata yang disembunyikan di masjid) + (http://www.youtube.com/ULzmXXUOs27lI hamaz menembakkan mortir dari lingkungan sekolah PBB).

  46. Easy day always yesterday said, on December 1, 2012 at 1:41 am

    Anda juga tentu saja bisa seenaknya mengatakan bahwa al-quran itu lebih buruk dari wikipedia (yang hanya memliki 40% kebenaran faktual seperti yang telah saya berikan referensinya di komentar saya sebelumnya), serta bisa mencari 5 orang untuk membuatnya (alquran), karena memang anda tidak tahu isi al-quran tersebut, anda hanya mengutib sebagian kecil, hanya sebuah kalimat tidak secara utuh dari al-quran tersebut..

    Saya tidak bisa membayangkan jika sebuah kitab suci diubah-ubah oleh setiap orang, pasti yang berkuasa lebih memiliki kekuatan untuk merubahnya atau takkan pernah bisa terselesaikan itu kitab suci karena selalu diubah.. kandungan awal atau pokoknya sudah berubah-ubah.. yang terpikirkan oleh saya yaitu sebuah kitab suci itu yang benar-benar kitab suci adalah sakral, asli dan bisa/cocok untuk dipakai sepanjang masa/waktu/zaman, tidak perlu diubah-ubah. (saya tidak menyebutkan alquran adalah kitab suci yg seperti ini atau bukan yg seperti ini)

    Jawaban inyong : Jawaban untuk pertanyaan anda sebenarnya sudah saya jawab. Untuk literatur tambahan bagaimana anda mau melihat persepsi sejarah mengenai al quran anda bisa membaca buku ini (Islam : In light of History by Dr. Rafat Amari) jika anda tidak mampu memperolehnya saya akan kirimkan buku itu… kalo susah membaca dalam versi bahasa inggris akan saya beri yang terjemahannya. (Lho enak nggak bro…). Setelah itu anda buktikan sendiri apakah anda masih perlu ngeyel bahwa salah satu kita suci kita perlu diubah-ubah….?. Ini tantangan lho dan tidak hanya dari sumber tertulis tetapi dari arkeologis juga… bersifat komparatif… dan terlebih lagi logis.

  47. Easy day always yesterday said, on December 1, 2012 at 1:46 am

    Namun sebelumnya disamping semua itu sebenarnya saya ragu untuk berdiskusi dengan anda, karena mengambil kesimpulan dari suatu artikel seperti ini saja saya ragukan kemampuan anda, apalagi membaca buku-buku yang lainnya yang anda tuliskan sebagai referensi-referensi anda tersebut.. jangan kebanyakan hoax dan tahayul dong!!, seperti kata anda.
    (Sebelumnya kata anda : “Bagaimana anda bisa tau artikel ini “pro israel” kalo anda tidak “membacanya” bro. (Sudah sadar kesalahan anda?)“ dan sudah saya jawab dimana salah satunya terletak ke“pro israel”annya di komentar sebelumnya)
    Dengan ini, saya tidak yakin anda bisa mengerti terhadap apa-apa yang anda baca.

    Jawaban Inyong : Isi sebuah artikel bisa diketahui isinya dengan membacanya….(dari sini paham?) jadi orang tidak mungkin tahu isi sebuah artikel itu apakah pro atau non pro tanpa membacanya… (sesederhana inipun masih perlu dijelaskan)… mau sefanatik apapun orang tanpa membacanya juga tidak akan tahu isinya…. jadi orang fanatik pun butuh membaca dulu untuk mengiyakan ataupun menolak sebuah pesan dalam artikel. hohohoho

  48. Easy day always yesterday said, on December 1, 2012 at 2:15 am

    xx : forum. viva. co. id/ internasional/ 589995- senjata- pembunuh-zionis-israel. html

    Jawaban :
    Misil jenis GBU-39 adalah misil rancangan baru AS yang dibuat dalam bentuk bom-bom berdiameter kecil. AS merancang misil itu dengan biaya murah tapi tetap memiliki tingkat presisi yang tinggi dan daya hancur yang dahsyat.
    Misil jenis GBU-39 merupakan salah satu jenis bom di dunia yang paling akurat. Jenis GBU seberat 113 kilogram memiliki kemampuan penetrasi yang sama dengan GBU dengan berat normal 900 kilogram, meskipun bom jenis ini hanya mengandung 22,7 kilogram bahan peledak.

    Jika anda tidak tahu apa itu GBU saya terangkan bro, GBU singkatan Guided Bom Unit (Unit Bom Terpandu)… dari namanya sudah keliatan kan kalo bom itu dipandu agar bisa seminimal mungkin menceng dari target, istilahnya mengurangi collateral damage (korban sampingan)

    Vacum Bomb : Jenis bomb dengan tujuan carpet bombing dengan kata lain pembersian areal pendaratan, dulu digunakan di vietnam oleh amerika untuk membersihkan hutan agar vietcong tidak bisa bersembunyi dengan baik. Israel tidak akan mungkin menggunakan itu karena akan sangat besar sekali korban sampingan yang muncul akibat penggunaan bom itu.

    Cluster Bom atau biasa juga disebut bom curah sudah dilarang penggunaannya pada konvensi jenewa, lagipula penggunaan bomb ini dalam sekali ledak bisa menghancurkan beberapa blok perumahan sekaligus, juga sering digunakan sebagai dukungan bagi tentara infantri dan juga bisa digunakan dalam carpet bombing namun tidak akan pernah seefektif Vacum Bomb… coba anda cari istilah daisy cutter di google dan anda akan mengerti maksud saya.

    Bomb Fosfor : bom bakar yang menggunakan fosfor sebagai pembakarnya meledak dalam ketinggian tertentu untuk membakar areal dibawahnya. Israel terakhir menggunakan itu ketika perang dengan hisbullah untuk palestina kebijakan itu tidak mungkin digunakan karena resiko korban sipil yang besar.

    xxx : id. wikipedia. org/ wiki/ Konflik_Israel_dan_ Palestina

    nah untuk literatur indonesia yang kelihatan kurang lengkap itu anda bisa melihat dari literatur wow://en.wikipedia.org/wiki/Israeli%E2%80%93Palestinian_conflict untuk anda tambahkan…

    xxxx : guardian. co. uk/ commentisfree/ 2012/ nov/ 15/ attack- gaza- egypt- challenge- editorial

    One man involved in the mediation to release Gilad Shalit claimed that hours before he was assassinated Jabari received the draft of a permanent truce agreement. War is never so near when peace is on offer. Recep Tayyip Erdogan, the Turkish prime minister, learned this lesson while trying to mediate peace talks between Syria and Ehud Olmert, just before Operation Cast Lead was launched at the end of 2008. Whatever was going on immediately before the strike on Jabari, a ceasefire has been negotiated after each outbreak of hostilities with Gaza militants. What was different this time?.

    Claimed ; any evidence yet?. then why the hell need war first to do that…. ring a bell?. Try to read that Son Of Hamas book first dude… then you will know what i mean… and i think they know the number of israeli authority right

    Klaim : adakah bukti?. Kalaupun seperti itu kenapa harus memulai perang lebih dulu…. mengingatkan anda pada sesuatu?. Baca dulu deh bro The Son of hamas ntar kamu tau apa yang aku maksud…. lagipula mereka kan punya nomer telponnya otoritas israel kan?. Apakah cara satu2nya agar israel memperhatikan itu dengan roket?.

    Capek deh…. huhuhu… lanjut bro

  49. jerry said, on December 1, 2012 at 8:20 am

    israel yang 57 % yahudi berbanding 40 % arab pada awal pembentukannya yang adil menurut anda sudah berdiri menjadi negara “yahudi”. Sedangkan di Indonesia yang 85% mayoritas islam kok gak jadi negara islam ya??? berarti indonesia gak adil donk??? ya gak??

    Easy day always : ya ampuuuuuunnn!!!, berarti anda belum membaca artikel ini ya??, makanya belom bisa membedakan keberpihakannya?? waduhhh, salah orang saya!!

  50. Easy day always yesterday said, on December 1, 2012 at 8:41 am

    mas jerry mas jerry : Negara yahudi mana yang anda maksud?. Israel?. Israel itu negara demokrasi?. Kalo Indonesia mau jadi negara Islam saya tanya dulu, Islam yang mana?. Terus kenapa anda tidak memperjuangkan itu dulu?.

    Artikel itu saya sudah baca, perang sebelum pemilu, surat perjanjian gencatan senjata permanen, masuknya presiden mesir pertama dari partai ikhwanul muslimin kali ke gaza, pengaruh arab spring yang mengancam stabilitas timur tengah termasuk mesir. Intinya kan cuman ancaman akan bertambah besar untuk israel jika arab spring terjadi menyeluruh di timur tengah kan?.

    Wow wow wow… saya punya analisa lain lagi. Konflik yang baru-baru ini terjadi merupakan cara untuk mengalihkan perhatian internasional dari konflik di Suriah… coba lu bro cari bom apa yang dipake suriah untuk ngirit dananya. Kemana hezbollah belakangan ini, terus siapa dibalik pendanaan pemberontak di suriah. Pikirkan itu dan anda akan mendapatkan jawaban yang mengagetkan. Dan ada apa sebenarnya dibalik arab spring?. hohohoho.

    Salah orang… gitu ya. Tapi kok respon untuk saya dari bantahan anda kok cuman sependek ini?. Ayolah bro kamu bisa lebih baik kok…. ayo ayo ayo….

  51. jerry said, on December 1, 2012 at 11:02 am

    iya, iyaaaaa,, negara yang mengakui semua warga yahudi di dunia untuk mendapatkan kewarganegarannya kan?? atau mas coba cari aja apa israel itu.!! atau arti menurut bahasanya juga boleh… oya tapi ntar bacanya hati-hati mas ya!!!

    saya dulu belom lahir mass!!!! andai saja saya dulu udah lahir pasti saya yang gantiin sukarno.. :D :D (haa.. kan.. jadi berandai-andai saya!!)

    mas ini saya tanya indonesia berarti gak adil karena gak jadi negara islam kayak israel dgn yahudinya??? tinggal jawab iya aja susah…. lari, ngembang ntah kemana-mana jawabanya…….. kebanyakan ngikutin islam yaa mas!!! sampe segitu ngertinya tentang islam?? nanya-nanya islam yang mana??? awas ntar pindah agama mas!! tapi gak mungkinlah orang yang dipelajari cuma yang negatifnya saja!! tidak kedua-duanya.. hahhaa…

    oya,nanti kalo alqur’an direvisi kasian masnya!! gak bisa nanya islam yang mana lagi?? haha. ntar pasti jadi kayak kitab suci yang lain yang pernah dirubah itu!! soalnya alquran itu butuh penafsiran mas.. orang arab sendiri yang punya bahasa arab aja belum tentu bisa diterima oleh orang banyak penafsirannya… mas pernah tahu majas gak?? ada tu majas di wikipedia kesayangan mas!! banyak macam jenis majas kan mas atau gaya bahasa!!! gak salah kan mas al-quran pakai gaya bahasa… tapi payahhhh pasti mas nyangkanya saya fanatik… tapi tenang aja!! saya walaupun mas nyangkanya fanatik gak ganggu orang kok mas!! gak kayak orang yang fanatik dengan mencariii kejeleekaaaaannn orang mas!!! tapi hak mas juga sih itu, karena ada juga teman-teman saya yang mencari kejelekan mas mungkin.. tapi intinya saya termasuk orang yang . . (sssst biarlah orang yang menilai)
    oiyaa mass kalau kitab suci sudah direvisi gak suci lagi dong mass, yaa!!!! ganti aja mas namanya jangan kitab suci lagi, Kitab Undang-undang!! kitab apa kek gitu!!

    artikel yang mana mas yang sudah dibaca!! kalo udah dibaca tapi gak bisa menyimpulkannya ya sama ajaaaaaaa booong mass..!!! oiyaaa.. tapi masss.. kalo mas baca artikel ini yaaa masss salah juga!!! soalnya kan artikel ini hoaxx.. seperti yang mas katakan, sumbernya gak jelas.!! masak mas baca artikel yang hoaxx!! serba salah mass ya!!! hehehe.

    wahh.. mas keren banget ya!!! analisanya/mikirnya ntah kemana-mana!!! awass. jgn kebanyakan mikir mas!! action yang perlu mas??? tapi bagus itu masss… imajinasi mas keren…. bisa aja betul itu kannn!!!! untuk mengalihkan perhatian internasional..

    yaaaa… yaa sebenernya gak mau direspon mas, karena salah orang… tp karna kasihan yaudahlah dikit2 aja…
    soalnya yang lain pun direspon gak nyambung ntar mas.. yang ditanya ini yang dijawab ini!!.. yang ditanya ini, jawabannya lari ngembang entah kemana-mana… anda apa saya yang kekgitu ya!!! haha biarlah orang lain menganggap mas yang seperti itu, atau saya juga gak apa apa lah…. atau malah kedua-duanya.. ya terserahhh. wahhhhh.. hahhaa… dan BIARLAH WAKTU YANG MENILAINYA…

    waaaaahhh. ternyata saya bisa merespon mas dengan lebih baik dan panjang yaa!!! hahahaaa… (tapi, relatif.. ya kan mas)
    (keindahan dimata orang itu relatif… indah di saya belum tentu indah di masnya… yang lebih bagus tentunya kalau lebih banyak orang yang bisa melihat itu sebagai yang indah)

  52. Easy day always yesterday said, on December 1, 2012 at 4:58 pm

    mas Jerry : nggak usah dibalik gitu mas kalo memang nggak sanggup, jangan bilang kasian kalo memang tidak mampun. Sudah dibaca belum buku-bukunya…. Islam jika sesuai dengan buku tersebut hanya cocok saya sandingkan dengan buku-buku selevel kancil, superman, gundala putra petir. Revisi atau tidakpun Islam tidak pernah bisa membuktikan… itulah kelemahan islam menuduh namun tidak pernah bisa membuktikannya. Menyatakan palsu tapi tidak pernah mampu menghadirkan yang asli. Wow… seperti itukah gaya berpikir yang anda maksud. Kitab suci tersebut bisa dibanding secara komparatif dengan sejarah dan bukti arkeologis… berbeda dengan kitab suci a*q*ran…. membuat iskandar agung menjadi islam seenaknya padahal sebenarnya dia tidak islam … bahkan homo… aduh bung-bung belajar lagi deh… mau mempelajari kebenaran dalam sebuah kitab suci harus bisa dibandingkan dengan bukti sejarah… kalo bukti-bukti sejarahpun tidak bisa membuktikan klaim kitab suci tersebut…. terus harus disebut dongeng.
    Maaf bos ya keluarga besar saya muslim jadi saya tahu hal itu sejak kecil… kenapa keluarga besar saya muslim… karena tidak boleh kejawen… sudah lihat logikanya.
    Islam dalam sisi kebenaran dan sejarah saja sudah tidak akan bisa membela diri… dan anda dengan kefanatikan anda tertutup untuk melihat kebenarannya… itu sebabnya yahudi walaupun sedikit banyak yang mendapatkan nobel perdamaian jika dibandingkan dengan islam… seujung kukunya pun tidak ada. Kemana aja muslim ketidak semua umat manusia membangun…. sibuk melarang ini dan itu…. introspeksi diri adalah salah satu cara untuk mencari kebenaran sejati. Apakah saya ingin anda murtad…. jiah nggak penting banget… yang penting anda bisa menyadari ada kebenaran lain diluar sana.
    Wis ah… kalo tidak sanggup ya sudah… tidak ada alasan yang bisa diterima…

    wow://buktidansaksi.com/resources?c=books_free_download

    tuh buku-buku yang bisa anda baca… udah terjemahin lagi… jangan dibaca kalo nggak mau kebenaran… jangan baca kalo tidak mau iman anda rontok… bandingkan dengan kebenaran yang anda percaya… hohoho

    Salam sejahtera untuk mereka yang mau berpikir

    One down … anybody else?

  53. iney said, on December 2, 2012 at 11:12 am

    @Iney : perbedaannya……dalam penaklukkan islam tidak ada pemaksaan bahwa penduduk daerah taklukkan ;dipaksa atau diwajibkan memeluk agama si penakluk…sangat lain halnya dengan Inkuisisi…

    si easy days menulis;

    Inkuisisi dilakukan Gereja memburu ajaran sesat yang berada dalam lingkungan gereja katholik. Yang menjadi target Inkuisisi adalah anggota Gereja yang menjalankan paham sesat.Contoh orang-orang moor yang memilih menjadi katholik namun menjalankan ajaran islam secara sembunyi-sembunyi begitu juga orang orang yahudi yang telah menjadi katholik. Ingat tentang ahmadiyah kemaren nggak mas?(dimana islam yang bener yang anda maksud ditulisan anda waktu itu terjadi?). ya kayak gitulah…. namun bedanya inkuisisi kemudian telah dikoreksi dan tidak bisa diterapkan selamanya… karena ada kebenaran-kebenaran lain diluar sana.

    Maaf mas Iney : anda ini pura-pura dungu atau buta atau tuli atau kombinasi dari semuanya…. Saya kutipkan dari kitab suci anda sendiri ya…

    Perangilah oleh kalian mereka (orang-orang kafir) hingga tidak ada lagi fitnah (kekafiran) sehingga agama ini hanya milik Allah semata. (QS al-Anfal [8]: 39).

    Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang Mukmin jiwa-jiwa mereka dan harta-harta mereka dengan imbalan surga bagi mereka; mereka berperang di jalan Allah kemudian membunuh atau terbunuh. (QS at-Taubah [9]: 111).

    Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. (QS at-Taubah [9]: 73).

    Akan tetapi, Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berjihad dengan harta dan diri mereka. (QS at-Taubah [9]: 88).

    Frasa waghluzh ‘alaiyim dan bi amwâlihim wa anfusihim merupakan indikasi (qarînah) yang menunjukkan bahwa jihad yang dimaksud dalam ayat itu adalah jihad syar’i, yakni memerangi orang-orang kafir.

    Dan ayat-ayat diataslah yang digunakan oleh filosof terkenal islam di Jawa (jaman keruntuhan majapahit) yaitu Syekh Siti Jenar (Manunggaling Kawulo Gusti) karena beliau menentang pemaksaan agama dengan cara seperti itu, kenapa karena islam diberi hak di tanah jawa jadi kenapa harus memaksakan orang jawa untuk memeluk islam secara keseluruhan, sehingga sampai sekarang muncul istilah islam abangan dan putihan. (Babad tanah Jawa) (kalo anda tidak paham masalah sejarah ini bisa ceritakan…. lagipula tinggal copy paste kok… santai saja)

    Dan ini sumber2 lainnya : (dan ini saya punya bukunya)

    1. Jihad in the West: Muslim Conquests from the 7th to the 21st Centuries (Hardcover) by Paul Fregosi
    2. The Great Divide: The failure of Islam and the Triumph of the West by Marvin Olasky
    3. Islam : In light of History by Dr. Rafat Amari
    4. The Approach of Armageddon: An Islamic Perspective by Muhammad Hisham Kabbani

    Terus kalo tidak dipaksakan itu kenapa ya dulu ada DII TII, sekarang NII, Terus ada FPI… terus pengrusakan gereja, vihara, pura ?. (jangan omong kosong dengan saya ya mas… ciyus miapah)

    dan kalo diluar negeri anda bisa lihat di CNN, Aljazera dan piliha ajalah yang ingin anda tonton… Philipina, Thailand, Nigeria, China, India, Pakistan dll…. Demi Tuhan kenapa Islam sibuk memusuhi seluruh dunia

    ==========================================================================================================================================================================================
    jawab saya:

    Topik yg saya bahas disini adalah Topik tentang palestina….anda membahas hal2 yg lainnya yg kebanyakkan tidak ada hubungannya dengan permasalahan yg lagi saya bahas……saya “menyuruh” Rinaldi membaca beberapa buku (studi literatur) yg cukup berguna dalam membuat suatu karya tulis agar karya tulisnya bisa menjadi lebih akurat dan dapat dipertanggung jawabkan dan tentu saja tidak berat sebelah…..itulah seharusnya sifat seorang penulis yg idealis…….semua buku2 yg saya sebutkan diatas… berhubungan dengan tulisannya…………..

    tentu tidak menjadi masalah kalo anda ikut nimbrung…karena semakin banyak yg ikut berdiskusi maka semakin banyak pula informasi yg bisa didapatkan………..cuma cilakanya..anda ini orang yg tidak berilmu…modal anda hanya hasil copas dari wiki doang…ketika saya dan bung jerry memberikan argumen bawa tidak semua data dari wiki itu valid…bahkan wiki sendiri jelas2 telah mengakuinya…..anda tetep ngeyel……..sungguh menyedihkan

    ketika saya “menyuruh”rinaldi membaca buku Islam Andalusia karya A. Thomson itu ..sudah saya jelaskan bahwa buku itu memuat tulisan tentang peristiwa Hijrahnya orang2 yahudi ke Spanyol…jadi bukan membahas Inkuisisinya……. yg lucunya komentar anda yg di copas dari wiki itu malah membahas penaklukkan islam….ya jelas2 nggak ada hubungannya……

    Yg lebih konyol lagi malah anda membahas masalah Ahmadiyah di Indonesia!….apa hubungannya dengan topik??????…itu namanya OOT….paham luh……..ckckckckckck…inget tong, sekejam2nya FPI maupun Ahmadiyah…kalo dibandingkan dengan kekejaman yg dilakukan oleh badan Inkuisisi..bagaikan bumi dan langit……..selama hampir 700 tahun lamanya badan inkuisisi meneror, memata2i, mengawasi, menyiksa, merampok dan akhirnya membunuh orang2 yg “DIPAKSA untuk murtad itu….jadi sangat jelas bedanya apa yg dilakukan oleh badan Inkusisi itu dengan apa yg dilakukan oleh FPI (masalah ini jgn dibahas lagi ya…karena seperti yg saya sudah jelaskan diatas…..nggak ada hubungannya dengan topik permasalahannya)

    komentar anda berikutnya semakin menunjukkan ke tololan anda……bener2 super OOT……apa hubungannya ayat2 Alquran diatas dengan masalah yg lagi di diskusikan????????????………….

    Dengan mengcopas link2 dari blog buktidansaksi yg isi2nya kebanyakkan bersumber dari FFI maupun ali sina……anda merasa..bahwa hanya andalah orang yg paling paham tentang sejarah Islam ataupun kejahatan2 yg menurut anda dilakukan oleh orang2 Islam berdasarkan ayat2 Alquran…………saya juga bisa mengatakan kepada anda bahwa semua tuduhan2 ngawur dan tidak bertanggung jawab itu telah dibantah…silahkan anda masuk kesini: http://forum.muslim-menjawab.com/category/debat-2/answering-faithfreedom/…..di blog Muslim Menjawab tantangan ini….semua fitnah keji yg dituduhkan oleh FFI maupun Ali sina telah dibantah habis………..

  54. iney said, on December 2, 2012 at 11:55 am

    si easy days said:

    Dan ayat-ayat diataDaslah yang digunakan oleh filosof terkenal islam di Jawa (jaman keruntuhan majapahit) yaitu Syekh Siti Jenar (Manunggaling Kawulo Gusti) karena beliau menentang pemaksaan agama dengan cara seperti itu, kenapa karena islam diberi hak di tanah jawa jadi kenapa harus memaksakan orang jawa untuk memeluk islam secara keseluruhan, sehingga sampai sekarang muncul istilah islam abangan dan putihan. (Babad tanah Jawa) (kalo anda tidak paham masalah sejarah ini bisa ceritakan…. lagipula tinggal copy paste kok… santai saja)

    jawaban saya:

    Ini lagi……kapan sih Syekh siti jenar berhubungan dengan Palestina?????????…….ckckckckckckckck

    kalimat ini apaan sih artinya??????????????? “”Dan ayat-ayat diataDaslah yang digunakan oleh filosof terkenal islam di Jawa (jaman keruntuhan majapahit) yaitu Syekh Siti Jenar (Manunggaling Kawulo Gusti) karena beliau menentang pemaksaan agama dengan cara seperti itu””””””………….

    Kapan sih Syekh Siti Jenar menggunakan ayat2 diatas????????…..hihihihihi…dasar asal nulis aja nih anak…….

    yg bener nama kitabnya “Babad Tanah Jawi” bukan “Babad tanah jawa”!!!!!!!………eh…bung tidak easy…kalo anda nggak ngerti..jgn pura2 sok paham yah…malu ateuh……..

    saya mengkoleksi buku2 tentang Syekh siti jenar dari berbagai penulis seperti; Zoetmulder, Abdul Munir Mulkhan, Purwadi, maupun Ibnu Chojim…..ada lgi buku syekh siti jenar yg ditulis oleh Agus sunyoto sampai 7 volume…aye juga punye………..jadi elu kagak usahlah berkoar2 masalah tentang syekh siti jenar di depan ane……hehehehehehe

    easy days said:

    Dan ini sumber2 lainnya : (dan ini saya punya bukunya)

    1. Jihad in the West: Muslim Conquests from the 7th to the 21st Centuries (Hardcover) by Paul Fregosi
    2. The Great Divide: The failure of Islam and the Triumph of the West by Marvin Olasky
    3. Islam : In light of History by Dr. Rafat Amari
    4. The Approach of Armageddon: An Islamic Perspective by Muhammad Hisham K. Rabbani

    ==========================================================================================================================================================================================Jawab inyong:

    Ini buku tentang ape ye???????….apa ada hubungannya dengan topik yg lagi dibicarakan???????????

    kalo ada hubungannya …..seperti kata bung rinaldi…tolong anda tulis sedikit disini ye…biar aye dan lain2nya jadi tahu dan jadi lebih mengerti……….

    easy days said:

    Terus kalo tidak dipaksakan itu kenapa ya dulu ada DII TII, sekarang NII, Terus ada FPI… terus pengrusakan gereja, vihara, pura ?. (jangan omong kosong dengan saya ya mas… ciyus miapah)

    dan kalo diluar negeri anda bisa lihat di CNN, Aljazera dan piliha ajalah yang ingin anda tonton… Philipina, Thailand, Nigeria, China, India, Pakistan dll…. Demi Tuhan kenapa Islam sibuk memusuhi seluruh dunia

    ==========================================================================================================================================================================================

    jawab inyong (hihihihihi)…..

    Loh!!!!…..Palestinanya manaaaaaaaa!!!!!!!…..wkwkwkwkwkwkwkwk

    Belajar lagi cara yg bener dalam berdiskusi yg baik ye tong……agar dungunya nggak terlalu kelihatan!!!!!!!!…kacian deh loe….

    NB: Sebenarnya saya tidak pernah mau “memulai” memaki2 ataupun menghina lawan diskusi….cuma buat bung easy days ini…karena dia yg terlebih dahulu memulai…maka saya jadi ikut2an deh……maaf…maaf….

  55. Easy day always yesterday said, on December 2, 2012 at 6:53 pm

    aku jawab ya iney: palestina dan macem-macem masalah2 pemberontakan didunia itu hanya satu masalah intinya darl ar harb… artinya islam menganggap semua orang lainnya perlu diperangi sampai semuanya menjadi islam termasuk Israel. Jihad itu inti permasalahan palestina dan tidak ada lainnya.

    Anda itu goblok ya… susah2 saya beri penjabaran kenapa arab dan hamaz berusaha meniadakan israel hanya karena israel itu yahudi tidak ada lainnya… bullshit jika anda bilang murni masalah politik. Jihad islam itu intinya.

    Simple ya Iney… tidak perlu cari alasan lain untuk masalah ini… oke yang pinter dikit lah…. kalo bisa membaca baca dulu semua…

    Kalo cuman mangap seperti itu saya juga bisaaaa…. sorry saya tidak akan menghina anda… kalo saya menyebut anda dungu itu artinya saya terlalu merendahkan kata dungu hanya untuk anda… paham…

    Palestina — Israel (Muslim – Non Muslim) === sesimple ini masih tidak paham itu yang membuat anda bahkan tidak layak disebut dungu.

    wow wow wow

  56. iney said, on December 3, 2012 at 7:20 am

    easy day@….dari tulisan anda terakhir ini….akhirnya dapat juga saya simpulkan bahwa anda ternyata selain dungu ternyata juga tolol dan goblok!!!!……

    Anda menuduh islam berperang karena ingin seluruh orang dari agama lain ‘harus’ menjadi islam dan menurut anda itu merupakan ajaran yg terdapat di dalam kitab suci kami yaitu Al Quran……ckckckckckckck…ruaaaaarrrr biasa idiotnya analisa anda bung……..untuk menguatkan analisa anda yg sangat brutal itu anda dengan konyolnya menyimpulkan bahwa masalah Paalestina-Israel adalah masalah (muslim-non Muslim)……….

    oke….mari kita analisis dugaan anda yg super ngawur itu ya…………tidak usah contoh di negara2 yg jauh……kita lihat di Indonesia aja…………menurut anda di Indonesia yg mayoritas penduduknya islam yg dulunya lebih dari 90% …..apakah sekarang orang2 yg beragama kristen, hindu, budha dllnya itu sudah menjadi Islam semua????????….yg harus anda ketahui ya…..sekarang ini jumlah orang2 Kristen di Indonesia semakin bertambah…karena dengan modal yg sangat kuat mereka berhasil meng kristenkan “orang2 bodoh” yg berada di daerah2 pedalaman dan terpencil/terisolir…………..jadi sangat jelas bahwa orang2 kristen di Indonesia ini semakin bertambah…..satu alasan ini saja sudah bisa membantah semua analisa kamu yg super idiot itu

    kalau bener dalam al Quran terdapat ajaran yg seperti kamu maksudkan….seharusnya pemimpin2 Indonesia pada waktu penyusunan konstitusi UUD 45 seharusnya berdasarkan Al Quran tentu saja “WAJIB HUKUMNYA’ mendirikan negara Islam yg berdasarkan syariah.secara total……….ternyata kan tidak…padahal 90% penyusun UUD 45 itu jelas2 sekali beragama islam………….

    dengan hanya segelintir orang di Indonesia ini yg jumlahnya tidak lebih dari 1% dari penduduk di Indonesia yg ingin mendirikan negara islam…..anda dengan ngawurnya menuduh bahwa islam adalah agama yg “jahat”……….

    dari sini sangat jelas bahwa anda ternyata telah sangat dipengaruhi dan mempercayai cerita2 bohong dan fitnah keji yg anda kutip dari blog2 buktidansaksi tsb diatas, menurut analisa saya, akibat mempercayai berita2 ngawur tersebut akibatnya sangat jelas sekali bahwa otak anda sudah tidak waras lagi…….

    saran saya: segeralah anda pergi memeriksa otak anda di rumah sakit jiwa terdekat ya bung……..sebelum kerusakannya menjadi semakin parah

    hohohohohoh

  57. Easy day always yesterday said, on December 3, 2012 at 7:54 am

    Iney said : easy day@….dari tulisan anda terakhir ini….akhirnya dapat juga saya simpulkan bahwa anda ternyata selain dungu ternyata juga tolol dan goblok!!!!……

    Anda menuduh islam berperang karena ingin seluruh orang dari agama lain ‘harus’ menjadi islam dan menurut anda itu merupakan ajaran yg terdapat di dalam kitab suci kami yaitu Al Quran……ckckckckckckck…ruaaaaarrrr biasa idiotnya analisa anda bung……..untuk menguatkan analisa anda yg sangat brutal itu anda dengan konyolnya menyimpulkan bahwa masalah Paalestina-Israel adalah masalah (muslim-non Muslim)……….

    Jawaban : Buktikan bro kalo saya bodoh dan tolol… bagaimana bisa anda mempercayai kabah adalah dibangun oleh abraham… tanpa adanya bukti arkeologis itu namanya bohong…. dan tanpa adanya sumber yang dibandingkan itu bohong… siapa penganut kebohongan itu anda kan?. Buktikan kalo pada anggapan ini saja saya salah…. analisa anda tentang apapun itu rontok… karena isi kitab suci anda bohong. Dan orang yang paling bodoh adalah orang yang ditunjukkan kebenaran beserta buktinyanya tetap tidak mau percaya….. bodoh dan dungu?… menyebutkan kata-kata itu pada anda saja sudah merendahkan makna kata itu sendiri… Taruhan berapa anda belum baca artikel2 dan buku2 yang saya ajukan kan…. kenapa bro… takut… kenapa?. takut anda mengakui kebenaran itu…. tolong jangan bikin saya ketawa.

    Iney Said : oke….mari kita analisis dugaan anda yg super ngawur itu ya…………tidak usah contoh di negara2 yg jauh……kita lihat di Indonesia aja…………menurut anda di Indonesia yg mayoritas penduduknya islam yg dulunya lebih dari 90% …..apakah sekarang orang2 yg beragama kristen, hindu, budha dllnya itu sudah menjadi Islam semua????????….yg harus anda ketahui ya…..sekarang ini jumlah orang2 Kristen di Indonesia semakin bertambah…karena dengan modal yg sangat kuat mereka berhasil meng kristenkan “orang2 bodoh” yg berada di daerah2 pedalaman dan terpencil/terisolir…………..jadi sangat jelas bahwa orang2 kristen di Indonesia ini semakin bertambah…..satu alasan ini saja sudah bisa membantah semua analisa kamu yg super idiot itu

    Jawaban : buktikan siapa yang ditangkap di Indonesia atas pembakaran2 gereja itu bro, sebutkan siapa yang melawan FPI ketika ngisruh? … kamu?…. jangan bikin saya ketawa… siapa yang berusaha mengislamkan kasus dayak madura yang saya dengan di metro tv, siapa yang berusaha mengislamkan kasus rohingya, siapa yang ngeyel menerapkan perda syariat di padang, aceh, banten dll, siapa yang berusaha mendirikan NII sampai detik ini? Siapa yang berusaha membawa pemilukada dki ke ranah SARA… pliss bro jangan bikin saya ketawa….. orang kristen bertambah karena banyak orang bodoh seperti anda menyadari kebohongan-kebohongan seperti itu….

    Iney Said : kalau bener dalam al Quran terdapat ajaran yg seperti kamu maksudkan….seharusnya pemimpin2 Indonesia pada waktu penyusunan konstitusi UUD 45 seharusnya berdasarkan Al Quran tentu saja “WAJIB HUKUMNYA’ mendirikan negara Islam yg berdasarkan syariah.secara total……….ternyata kan tidak…padahal 90% penyusun UUD 45 itu jelas2 sekali beragama islam………….

    dengan hanya segelintir orang di Indonesia ini yg jumlahnya tidak lebih dari 1% dari penduduk di Indonesia yg ingin mendirikan negara islam…..anda dengan ngawurnya menuduh bahwa islam adalah agama yg “jahat”……….

    dari sini sangat jelas bahwa anda ternyata telah sangat dipengaruhi dan mempercayai cerita2 bohong dan fitnah keji yg anda kutip dari blog2 buktidansaksi tsb diatas, menurut analisa saya, akibat mempercayai berita2 ngawur tersebut akibatnya sangat jelas sekali bahwa otak anda sudah tidak waras lagi…

    Jawaban : mengapa anda mengatakan pada saya “kalau bener”?. Apakah seumur hidup anda hanya menghapal bro?, tanpa tahu isinya?….
    Founding Father kita lebih bijaksana masalahnya dibanding kamu bro… kenapa mereka sudah mengerti bahwa jika mereka bertahan pada Al Quran negara kita akan pecah karena umumnya negara manapun berbasis agama akan berakhir korup… Dan lagipula siapa yang mengharuskan founding father kita meniru gaya berpikir orang-orang muslim?. Buktikan jika saya ngawur bos…. dalam buku-buku itu bisa anda bandingkan dengan sumber-sumber utama anda dan sumber-sumber sejarah. Fitnah itu adalah kata andalan anda… mentalitas korban itu karakter anda… jika anda merasa bisa membuktikan itu benar… buktikan… akan saya tunggu anda disini kapanpun….

    Berikan saya satu bukti arkeologis dan komparatif bahwa Kabah itu didirikan oleh Abraham?. JIka anda tidak bisa membuktikan itu berarti anda mengakui omong kosong seumur hidup anda….

    Menyebut orang lain dungu belum tentu membuat anda lebih pintar…

    (Cogito Ergo Sum)

  58. Easy day always yesterday said, on December 5, 2012 at 10:30 am

    wow://youtu.be/_X8dhrzQCHY (ganti wow dengan http) …. siapa yang ngomong ini?. Inilah akar permasalahan dunia bukan tentang israel dan palestina.

    You feel me….?

  59. affandi said, on July 12, 2014 at 9:04 am

    ah buang buang waktu baca artikel anda, ariel sharon sekarat 8 tahun sudah menjadi bukti kalaw israel itu memang biadab..

  60. chezzy said, on August 2, 2014 at 1:34 am

    Saya setuju sekali dengan bung affandi

  61. Penonton said, on August 7, 2014 at 5:18 pm

    sungguh informasi yang bagus . thankz ya, udah membuka wawasan saya pada kenyataan sesungguhnya. dari debatnya juga udah ketahuan mana yang nyantai tapi mampu berargumen sesuai fakta serta realita dengan kata2 yang elegan dan mana yang awalnya terkesan pintar dan bener tapi lama2 panik jd emosi mungkin gara2 abis amunisi.

  62. Slim Shady said, on November 3, 2014 at 12:56 pm

    Sumber yg bagus tapi anda terlalu memojokkan Palestina di artikel anda ini..
    karena sumber yg anda ambil hanya berdasarkan dari Bible Society ..
    emg berdasrkan kata dari Bible semua sejarah itu tertuang pada Bible tsbt.

    yah.. conlude nya saya ttap mendukung Israel….

  63. Anti ISIS said, on November 3, 2014 at 1:00 pm

    Fuck Palestine…!!!

  64. Dzhonpochte said, on December 12, 2014 at 5:28 am

    Duh ini commentnya diurai dari abad 18 -2014 . HOI Kutu buku sok pintar. coba kamu urai dari Jaman SALAHADIN OTOMAN Dan pengusiran Yahudi sampai Pasukan crusader menyerang, jelas Bahwa itu PALESTINA yang disebutkan memang kependudukan Yahudi. coba dong baca Kembali, kemunculan ISLAM lah yang mengara garai ekspansi ARAB.
    BTW nice inpoh rinaldi, orang bebal memang akan mempertahankan opini yang dianggapnya benar dan selalu mengutarakan apa yang dianggapnya benar.

  65. junsar said, on January 14, 2015 at 1:21 am

    @ rinaldi.
    Bro, Thanks atas infonya yang penuh dengan fakta sejarah dan data yang jelas, jadi tidak asal bunyi seperti teman diskusi bro tsb,, heheheh…

  66. iney said, on January 21, 2015 at 9:05 pm

    Dzhonpochte@ Salahudin Otoman???? konyol bener nih anak, sejak kapan salahudin berhubungan dengan otoman?? dasar tolol!! ckckckckck

  67. Innos said, on October 21, 2015 at 1:49 am

    Simple aj..
    Coba kalo mas rey ini orang palestina?
    Apakah akan sekukuh ini…?i don’t think so :D
    Hahaha..
    yang ada dia ngomong sebaliknya..

  68. Rinaldi said, on October 22, 2015 at 6:49 am

    Simpel aja, kalo lu orang Israel apakah luakan ngomong seperti itu?

    Persoalannya bukan apakah kita orang palestina atau israel, tapi bagaimana memandang persoalan secara jernih.

    Nah elu sendiri kalo gak setuju, kenapa gak bantah dengan argumen berbasis fakta?

    Mampu gak? Punya wawasan gak?

  69. Mesut said, on March 9, 2016 at 6:00 am

    Artikel agan Iney ini sangat faktual..

    sedangkan yang empunya Blog hanya Seorang pengarang cerita ironi yg tertipu fakta2 palsu yg emosional.

    jadi menurut saya yg kebakaran jenggot itu Bung Rinaldi..

    kalau mw tarik mundur sejarah ke belakang lg, anda bisa lihat sejarah suku aborigin yg haknya direnggut di

    australia oleh pendatang eropa, atau suku2 di benua amerika yg direnggut oleh org2 eropa…

    bapak Abraham adalah nabi yg kami hormati, termasuk king sulaiman, sp yang siap memegang ajaran

    abraham dan king sulaiman untuk menyembah Allah sesungguhnya, maka ia berhak atas Palestina.

  70. Rinaldi said, on March 16, 2016 at 8:32 pm

    Semua yang saya paparkan fakta. Anda bela si Iney kan cuma karena asal dukung aja. Wkwkwkwk….

    Dah kelihatan kok.

    Jangan sok tau soal Abraham. Orang Yahudi tidak sembah Allah, tapi YHWH. Jangan mengislamkan Yahudi ah, wkwkwkwk…

  71. gudjarad said, on March 21, 2016 at 12:58 pm

    Lakum dii nukum waliyadiin
    “Untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku”

    Islam tdk mngajarkan mendebat agama orang,,
    Yang muslim silahkan menyembah Allah SWT
    Yang kristen silahkan menyembah Trinitas
    Yang yahudi silahkan menyembah YHWH

    Gitu aja kok repot


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: